Nikmatnya Daging Sapi Panggang untuk Malam Tahun Baru

Barbeque daging sapi panggang.
Sumber :
  • Reuters/David L. Reamer
VIVA.co.id
RESEP: Smoothies Pelangi Segar Ala Sisca Soewitomo
- Tahun Baru tampaknya tidak lengkap bila tidak bersama orang yang disayangi. Pastinya, acara kumpul tersebut tidak akan nikmat tanpa adanya makanan yang juga menemani di sela acara.

RESEP: Lezatnya Ayam Bakar Taliwang Buatan Rumah
Ada beberapa cara untuk membuat malam Tahun Baru menjadi lebih meriah. Salah satunya adalah dengan membuat makanan sendiri di rumah. 

RESEP: Salad Pepaya Muda Khas Thailand, Pedas dan Segar
Anda bisa membuat daging panggang yang lezat untuk enam orang. Berikut cara membuat daging panggang seperti dilansir laman Reuters.

Daging sapi panggang

Bahan

1,8 kilogram daging sapi
garam secukupnya
12 ons cranberry
1 bawang bombay cincang
3/4 cangkir gula merah
1 sdt bubuk jahe
1/2 sdt lada hitam
1/4 sdt cengkeh
1 cangkir air
1 cangkir jus jeruk
daun salam

Cara membuat

1. Panaskan oven sampai 260 derajat celcius. Potong daging menjadi lima, dengan jarak sekitar 14 inci, lalu ikat dengan benang atau pita. Potong lemak apa pun dari bagian bawah sandung lemur, lalu berikan garam di kedua sisi. Setelah itu, masukan ke dalam oven sekitar 20 menit.

2. Campurkan cranberry, bawang, gula merah, jahe, lada, cengkeh, jus jeruk, daun salam ke dalam panci.

3. Kurangi suhu oven menjadi 163 derajat celcius dan tuangkan campuran cranberry di atas daging. Tutup panci dan masak daging sampai daging empuk dan bisa ditusuk dengan garpu, sekitar 2 - 2,5 jam.

4. Setelah itu, naikkan suhu hingga 204 derajat celsius. pindahkan daging ke oven yang bersih dan lalu potong benang atau pita. Saring saus, lalu campurkan saus diatas daging sapi.

5. Buang daun salam. Panggang daging sapi dalam oven hingga terlihat mengkilap dan saus manis, 12 sampai 15 menit. Iris daging sapi 1/2 inci, lalu sajikan bersama saus cranberry. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya