Polda Metro Jaya: Titik Kemacetan Arus Mudik di Tol Cikampek

Ilustrasi macet di tol.
Sumber :
  • ANTARA/M.Ali Khumaini

VIVA.co.id - Polda Metro Jaya memprediksi lonjakan kendaraan arus balik liburan tahun baru akan terjadi pada Minggu besok, 3 Januari 2016. Titik kemacetan menuju Jakarta diperkirakan terjadi di pintu masuk Tol Cikampek-Jakarta.

Oleh karena itu Polda Metro Jaya sudah menyiapkan sejumlah antisipasi. Salah satunya berkoordinasi dengan pihak Jasa Marga sebagai pengelola agar dilakukan pengalihan ke pintu Gerbang Tol Otomatis (GTO).

"Pengendara di pintu tol terlalu panjang maka akan dialihkan ke pintu Gerbang Tol Otomatis (GTO)," kata Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Tito Karnavian di Jakarta, Sabtu, 2 Januari 2016.

Mantan Kapolda Papua itu mengatakan apabila pengendara mobil yang melewati GTO tidak memiliki kartu, maka tetap bisa membayar uang tol dengan cara tunai.

Tak hanya diberlakukan di di gebang tol Cikampek -Jakarta, aturan ini juga akan diberlakukan di jalan Tol Jagorawi, Tol Karang Tengah dan Tol Kebon Jeruk.

Didominasi Kendaraan Pribadi, Tol Jakarta-Cikampek Padat

"Jasa Marga sudah berjanji akan menambah gardu dan pembayaran dengan cara jemput bola," kata dia.

Libur Natal dan Tahun Baru 2016 menyebabkan sejumlah masalah kemacetan. Bahkan kemacetan yang terjadi pada saat libur Natal sepekan lalu menyebabkan Dirjen Perhubungan Darat Djoko Sasono mundur dari jabatannya karena merasa tak mampu menanggulangi kemacetan panjang. Pada tahun baru ini Otoritas berharap bisa mengantisipasi lonjakan arus mudik ke Jakarta.

Contra flow di tol Cikampek

Besok, Polisi Berlakukan Lawan Arus di Tol Cikampek

Korlantas melakukan pengamanan arus lalu lintas

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2016