Luhut: Tidak Pernah Ada Niat Batalkan Audit Petral

Pembubaran Petral Group
Sumber :
  • ANTARA/Sigid Kurniawan
VIVA.co.id
PMA Tak Merata Akibat Kurang Listrik
- Menteri Kordinator Politik Hukum dan Keamanan menegaskan pemerintah tidak pernah memiliki niat untuk membatalkan proses audit terhadap PT Pertamina Energy Trading Ltd (Petral). 

Strategi Menteri Arcandra Targetkan PLTP 7.000 MW
"Enggak ada, tidak pernah ada (niat untuk membatalkan audit)," ujar Luhut, usai menghadiri sidang MKD di Gedung Nusantara III DPR pada Senin 14 Desember 2015.

Wapres: Elektrifikasi RI Terendah di ASEAN
Sebelumnya, Menteri Energi Sumber Daya Mineral Sudirman Said, mengatakan ada kerugian negara hingga US$18 miliar, atau setara Rp243 triliun. Padahal, PT Pertamina (Persero) selaku induk dari Petral-PES menyatakan tidak ada kerugian negara dari audit tahun 2012-2014.

Sudirman mengatakan, audit terhadap Petral dan anak usahanya membuktikan bahwa mafia migas benar-benar ada. Hasil audit itu, nantinya akan disampaikan kepada Komisi Pemberantasan Korupsi untuk pertimbangan hukum.

"Audit ini sebetulnya menjadi pembuktian, yang tadinya rumor, omongan di warung kopi, sekarang jadi dokumen yang dihasilkan dengan metode profesional, yang bisa dipertanggungjawabkan," kata Sudirman beberapa waktu lalu. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya