RESEP: Renyahnya Ayam Goreng Tepung Buatan Rumah

Ayam goreng.
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id
RESEP: Smoothies Pelangi Segar Ala Sisca Soewitomo
- Siapa tak gemar menyantap ayam goreng tepung?
Tak hanya lezat, menikmati hidangan ini juga memberikan sensasi tersendiri. Apalagi ketika mengigit kulitnya yang renyah. Ditemani sepiring kentang goreng hangat dan sambal serta saus tomat, sajian ini tak bisa ditolak siapapun.
Derita Kelainan, Wanita Inggris Hanya Konsumsi Ayam Goreng

Sayangnya, ayam goreng tepung yang banyak dijual di restoran cepat saji mengandung lemak dan kalori yang tinggi, sehingga bisa membahayakan kesehatan jika disantap secara rutin.
RESEP: Lezatnya Ayam Bakar Taliwang Buatan Rumah

Namun, tidak jika Anda membuatnya sendiri di rumah. Selain dapat mengontrol penggunaan minyak, Anda juga dapat mengkreasikannya menjadi hidangan yang lain daripada yang lain.

Untuk itu, simak resep lengkap ayam goreng tepung dari juru masak selebriti Nigella Lawson berikut ini, seperti yang dilansir dari Food Network.

Ayam Goreng Tepung Buatan Rumah

Bahan-bahan

-2 potong paha bawah ayam
-2 potong paha atas aayam
-3 hingga 4 cangkir susu
-2 1/4 vegetable shortening
-1 sdm dan 1 sdt garam
-3/4 cangkir tepung terigu
-1 sdt bubuk cabai
-1 butir telur, kocok lepas

Cara membuat

1. Tuangkan susu ke dalam wadah berukuran sedang. Masukkan ayam dan tutup wadah dengan pembungkus plastik. Simpan di lemari es selama dua jam hingga semalaman.

2. Masukkan ayam dan susu yang telah disimpan di dalam kulkas ke dalam panci berukuran sedang. Masak hingga mendidih, lalu kecilkan api. Masak selama kurang lebih 20 menit. Angkat ayam dan diamkan hingga suhunya turun, kemudian keringkan menggunakan tisu dapur.

3. Masukkan garam, tepung terigu dan bubuk cabai ke dalam kantung plastik dengan segel. Kocok hingga bahan-bahan tercampur rata.

4. Kocok telur di dalam wadah berukuran sedang.

5. Masukkan satu per satu daging ayam ke dalam kantung plastik. Kocok hingga seluruh permukaan daging terlapisi tepung. Kemudian celupkan ayam ke dalam telur kocok dan kembali lapisi dengan tepung. Ulangi langkah ini pada seluruh potongan ayam yang tersisa.

6. Panaskan vegetable shortening dan goreng ayam hingga bagian luarnya menjadi renyah dan berwarna coklat keemasan. Angkat dan tiriskan.

(ren)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya