Meski Suku Bunga Fed Turun, BI Rate Diputuskan Tetap 7,5%

Suku Bunga Acuan Tetap
Sumber :
  • Antara/Sigid Kurniawan
VIVA.co.id
Wall Street Catat Rekor Anjlok Terlama Sejak Krisis 2008
- Usai keputusan bank sentral Amerika Serikat (The Fed) menaikkan suku bunganya, Bank Indonesia memutuskan tetap mempertahankan suku bunga acuan (
BI rate
Sinyal The Fed Bikin Harga Emas Naik
) di angka 7,5 persen.

Ekonomi Tumbuh karena Pemerintah Lakukan Ini
"Rapat Dewan Gubernur BI pada 17 Desember 2015, memutuskan mempertahankan BI rate di kisaran 7,5 persen," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Tirta Segara di Bank Indonesia, Jakarta, Kamis 17 Desember 2015.

Menurut dia, suku bunga pinjaman tetap berada di angka 7,5  persen. Sementara itu, suku bunga deposit ditahan di kisaran delapan persen.

Tirta mengungkapkan, hal ini seiring dengan terjaganya stabilitas ekonomi di mana inflasi tahun 2015 diprediksi di bawah tiga persen dan target defisit transaksi berjalan yang mencapai dua persen dari produk domestik bruto (PDB).

"Bank sentral (BI) memandang ruang pelonggaran kebijakan moneter semakin terbuka," tuturnya.  

Namun, bank sentral tetap mencermati perkembangan pasar keuangan global. Hal ini, terutama usai kenaikan suku bunga AS dan kondisi domestik ke depan.

Seiring perjalanannya, bank sentral telah menahan suku bunga acuan BI selama 11 bulan. Sejak Februari 2015, BI rate berada di angka 7,5 persen, angka ini turun 25 basis poin dari BI rate Januari 2015, yang sebesar 7,75 persen. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya