RESEP: Eggnog untuk Hari Raya Natal

eggnog
Sumber :
VIVA.co.id
Menjajal Nikmatnya Surf n' Turf Olahan Chef Buli
- Menyajikan sajian lezat untuk keluarga dan kerabat terdekat untuk perayaan Hari Raya Natal mungkin menjadi salah satu tradisi favorit yang selalu dilakukan umat Kristiani di seluruh penjuru dunia.

Yuk, Jelajahi Kuliner Nusantara di Sini
Salah satu sajian tradisional Natal masyarakat Eropa yakni eggnog pun bisa menjadi inspirasi untuk sajian Natal di rumah Anda nanti. Eggnog merupakan minuman lezat yang terbuat dari kuning telur, gula, susu dan rempah yang dijamin akan membuat siapapun ketagihan. 

Kreasi Kuliner Paduan Eropa dan Madiun, Sandwich Pecel
Berikut ini resep lengkapnya seperti dilansir dari All Recipes.

Eggnog

Bahan-bahan

-4 cangkir susu
-5 buah cengkih
-1/2 sdt + 2 sdt vanili
-1 sdt kayu manis bubuk
-12 kuning telur
-1 1/2 cangkir gula pasir
-2 1/2 cangkir light rum
-4 cangkir krim
-1/2 sdt biji pala bubuk

Cara membuat

1. Masukkan susu, cengkih, 1/2 sdt vanili dan kayu manis ke dalam panci dan panaskan di atas api kecil selama lima menit. Setelah mendidih, matikan api. Sisihkan.

2. Di dalam mangkuk berukuran besar, masukkan kuning telur dan gula. Kocok hingga mengembang. Tuangkan susu yang telah dipanaskan tadi sedikit demi sedikit sambil terus dikocok.

3. Masukkan susu dan telur yang telah dicampur ke dalam panci. Masak di atas api sedang sambil terus diaduk selama tiga menit atau hingga mengental. Perhatikan agar tidak memasaknya sampai mendidih. Matikan api lalu saring cengkihnya. Diamkan hingga dingin kira-kira selama satu jam.

4. Masukkan rum, krim, 2 sdt vanili dan biji pala bubuk. Aduk rata. Simpan di lemari es semalaman penuh sebelum disajikan.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya