Pansus Freeport Butuh Dukungan Ketua-ketua Parpol

Fahri Hamzah
Sumber :
  • ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

VIVA.co.id - Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah, mendukung dibentuknya Pansus Freeport sekaligus berharap dukungan ketua-ketua partai politik. Sejauh ini, menurutnya, jika ketua partai tidak mendukung, biasanya di DPR juga tidak berjalan.

Rampingkan Organisasi, Saham Induk Freeport Melonjak

Maka dia berharap dukungan dari semua elemen di DPR dan ketua partai politik atas pembentukan Pansus Freeport ini agar bisa dibawa ke paripurna.

“Jadi berharap ada dukungan ketua partai, sehingga nanti di awal masa sidang itu bisa langsung diusulkan oleh para penggusul ke paripurna, lalu di paripurna disahkan. Kan itu yang kita mau prosesnya,” ujar Fahri.

Ia menambahkan, karena masalah kontrak Freeport ini terlalu besar, maka perlu investigasi. Bagi Fahri, investigasi ini diibaratkannya sebagai pisau untuk menganalisa masalah sedalam kasus Freeport.

“Kita tidak punya pisau untuk menganalisa masalah sedalam ini. Ini pisaunya harus benar-benar pisau bedah yaang tajam, sehingga apapun itu bisa kita lacak dan itu namanya pansus angket. Penggunaan hak angket itu untuk meluruskan desas-desus yang selama ini berkembang. Kita berharap semua ini didukung,” kata Fahri di Senayan, Senin 28 Desember 2015.

Ia menuturkan, untuk mendapatkan 25 orang dukungan tidak susah, tapi sebaiknnya ini tidak menjadi partisan,justru ini menjadi konsen keepentingan dan keinginan dari semua partai.

“Kalau sedikit yang mengusulkan, nanti orang bilang [pansus] ini politis. Padahal ini ada kepentingan yang serius. Sejauh ini semua fraksi sudah berbicara soal ini, dan setahu saya rancangannya sudah beredar, masing-masing [fraksi] menandatangani sendiri-sendiri. Tinggal dikompilasi saja,” kata politisi PKS itu.

(ren)

Apa Kabar Divestasi Saham Freeport?
Salah satu tribun di Mimika Sports Complex

Papua Bangun Kompleks Olahraga Mewah untuk PON 2020

Pembangunan Mimika Sports Complex dibantu oleh PT Freeport Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2016