Hati-hati, Sepatu-sepatu Ini Bisa Bahayakan Kaki Anda

sepatu wanita
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id - Istilah yang mengatakan bahwa sepatu yang indah akan membawa ke tempat yang indah seolah menjadi pembenaran setiap wanita untuk tetap menggunakan sepatu indah meski menyiksa.

Rihanna Luncurkan Alas Kaki Faux Fur untuk Puma

Ternyata, tak hanya sepatu berhak tinggi yang membahayakan penggunanya, sepatu datar atau lebih dikenal sebagai sepatu balet ternyata memiliki cara sendiri untuk bisa menyiksa kaki.

Berikut ini beberapa sepatu yang membahayakan wanita menurut Emma Supple, konsultan podiatrist, seperti dilansir Daily Mail, Senin, 28 Desember 2015.

Pointy Shoes


Sepatu dengan ujung runcing bisa memberikan kesan elegan, meski tidak memiliki hak alias flat. Emma mengatakan, mengenakan sepatu ini dapat membuat jari kaki berdesakan karena ujungnya yang sempit.

"Terlalu sering menggunakan sepatu jenis ini akan menimbulkan masalah jangka panjang, seperti kaki menjadi berubah bentuk dan membengkok."

Orang bisa menolerir sakitnya dalam beberapa jam, dengan rasa sakit akan mulai dirasa hanya dalam waktu setengah jam.

Flat Shoes


Sepatu jenis ini paling banyak diminati sebagai sepatu santai. Ujungnya yang bulat, dan cenderung datar layaknya sepatu balet.

Biasanya, bahan sepatu ini terbuat dari bahan kulit yang kaku, sehingga mudah melukai tumit. Tekanan yang timbul secara terus-menerus bisa menyebabkan Haglund deformity, yaitu benjolan pada tumit akibat tekanan konstan dan gesekan kaku dari bagian dalam sepatu.

Platform


Model ini memiliki banyak ragam, mulai dari sol tebal hingga berhak tinggi. Sepatu ini sering dibilang lebih nyaman dibanding stiletto. Sayangnya, beberapa sepatu atau sandal model ini berat dan berat yang berlebih hanya akan menciderai otot kaki. Tekanan yang berat bisa memicu timbulnya rasa pegal di kaki, kapalan dan nyeri.

Yuk, Berburu Fesyen Muslimah di Hijab Day

Stiletto

Perlu keseimbangan tinggi untuk bisa menggunakan sepatu berhak runcing ini. Sepatu jenis ini membuat wanita terbiasa berjalan dengan tumpuan ujung jari. Seluruh berat badan ditumpukan pada ujung jari kaki, sehingga akan menyebabkan luka dan pembengkakan ligamen di bagian luar pergelangan kaki dan keseleo.

Oxford Shoes

Sepatu jenis ini sedang naik daun pada tahun 2015. Bentuknya yang mirip sepatu flat, namun dengan tambahan sedikit bantalan di bagian bawah, mirip sepatu anak sekolah jaman dulu, membuat sepatu ini cocok digunakan untuk berbagai kesempatan.

Namun, sepatu ini kurang bantalan pada bagian lengkung, sehingga bisa membuat cedera pada bagian tendon dan kaki, mulai dari lecet hingga kapalan.

Desainer Eropa Ramaikan Muslim Fashion Festival Indonesia

(mus)

Alyssa Soebandono

Gaya Busana Alyssa Soebandono ala Hollywood Era 50-an

Alyssa kenakan hijab milik Shafira bertemakan Fashion Sinematic.

img_title
VIVA.co.id
1 Agustus 2016