Perdana, Texcraft 2016 Bakal Digelar di Jakarta

Texcraft 2016
Sumber :
  • VIVA.co.id/Linda Hasibuan

VIVA.co.id - Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) Daerah Istimewa Yogyakarta akan melakukan ekspansi dengan menggelar Textile & Craft (Texcraft) 2016. Namun kali ini berbeda sebab acara akan diselenggarakan di Jakarta.

Acara yang sudah diadakan selama sembilan kali ini tidak hanya sebagai ajang promosi, melainkan juga sebagai edukasi tentang batik dan kerajinan tangan lainnya. Rencananya pameran yang bertajuk Textile & Craft Showcase 2016 ini akan digelar pada 16-20 Maret 2016 di Indonesian Convention (ICE) BSD.

"Saat ini, pameran Textile & Craft Showcase 2016 dapat dikatakan berbeda dari tahun sebelumnya karena tempatnya acara kini berpindah ke Ibu Kota. Selain itu, pamerannya nanti juga akan edukasi soal batik," ujar Indah Rahayu, Wakil Ketua Dekranasda DIY kepada VIVA.co.id, Rabu, 13 Januari 2016.

Lebih lanjut dia menambahkan bahwa banyak orang kurang memahami soal batik. Banyak yang mengira batik adalah bahan tekstil yang ada di pasaran, padahal sebenarnya adalah motif batik, bukan batik.

Untuk target peserta, Indah mengharapkan ada sekitar 200 peserta lebih yang mengikuti. Kemudian untuk pengunjung diharapkan perhari 8.000 pengunjung.

"Dengan adanya Texcraft di sini, kita berharap bahwa produk dalam negeri dapat mendunia. Sebab di sini adalah pusat kota dan saat ini sudah 20 persen terisi," kata Indah.

Banyak barang yang bisa ditawarkan, seperti produk tekstil, kerajinan dan furniture Indonesia. Adanya pameran ini juga diharapkan dapat memperluas jaringan usaha dalam skala nasional maupun internasional, terutama bagi sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Tanah Air.

Ini Kunci Peningkatan Daya Saing Produk Tekstil Indonesia

(mus)

ilustrasi Pekerja perempuan di pabrik benang

63 Ribu Buruh Pabrik Tekstil Terancam PHK, Ini Kata Apindo

Apindo Jabar tegaskan harus ada itikad baik dari perusahaan.

img_title
VIVA.co.id
30 Juli 2016