Korsel Siap Fasilitasi Ratusan Produk Unggulan Indonesia

Para konsumen saat melihat produk-produk yang dipamerkan
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVA.co.id - Pemerintah Korea Selatan akan memfasilitasi ratusan produk unggulan Indonesia hingga tahun 2020. Hal ini dikatakan Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kementerian Koperasi dan UKM, I Wayan Dipta.

"Ada 500 produk unggulan kita yang difasilitasi mereka," kata Wayan di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Rabu 13 Januari 2016.

Kerja sama Indonesia dengan Korea Selatan ini pun telah berlangsung sejak 2013. Pemerintah mengharapkan produktivitas UKM dan pemasaran produk unggulan ini bisa ditingkatkan.

Dia mengatakan, ada ribuan perusahaan asal Negeri Gingseng yang siap mengawal produk unggulan Indonesia. Dikatakannya, baru ada tujuh perusahaan Korea Selatan yang mengawal produk Indonesia.

Ekonomi Syariah akan Bidik Kawasan Pedesaan

Misalnya, Lotte mengawal produk kopi, dan lidah buaya. Ada juga perusahaan electronic commerce (e-commerce), yaitu Qoo10 yang mengawal produk bawang goreng dari Palu, Sulawesi Tengah. "Komitmen mereka konkret," kata dia.

Wayan mengatakan, bentuk konkretnya adalah pelatihan terhadap UKM yang memproduksi produk-produk itu. Misalnya, memberikan pelatihan pengemasan dan desain.

Ridwan Kamil Sebut Produk UKM Bandung Sudah Mendunia
"Mereka kawal dari UKM, seperti packaging-nya dibagusin. Kalau desain (kemasan) belum bagus, (UKM) dilatih dulu," kata dia. (asp)
Pemerintah Tetapkan Skema Pajak 1 Persen Bagi UKM

Produk UKM Pedesaan Masih Kesulitan Promosi

Kelestarian adat harus dibarengi dengan naiknya kesejahteraan warga.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016