Harapan Pengusaha Terhadap Badan Restorasi Gambut

Ilustrasi-Penanganan kebakaran hutan dan lahan Gambut di Kalimantan Barat
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang

VIVA.co.id - Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) menyambut baik dibentuknya Badan Restorasi Gambut (BRG) yang hari ini dilantik oleh Presiden Joko Widodo.  

Presiden Jokowi Santai UU Amnesty Digugat
"Kami mendukung upaya pemeritah dalam membentuk badan ini," kata Ketua Umum GAPKI, Joko Supriyono, dalam konferensi pers "Refleksi Industri Kelapa Sawit 2015 dan Prospek 2016" di kantor GAPKI, Jakarta, Rabu, 20 Januari 2016.

Mengapa Praktik Bakar Hutan Berulang Lagi?
Joko mengatakan, GAPKI akan membantu badan tersebut agar keberadaannya lebih efektif. Selain itu, GAPKI juga mendorong agar lembaga ini bisa bekerja sama dengan banyak pihak. "Terutama, (kerja sama) dengan sektor usaha konsensi gambut," katanya menambahkan.

Jokowi: Indonesia Bangga Raih Perak Pertama
BRG dibentuk untuk penanggulangan dan proteksi lahan gambut yang mengalami kerusakan. Presiden menunjuk Nasir Fuad untuk memimpin badan baru ini. Pengangkatan Nasir dimuat dalam Peraturan Presiden yang diteken pada tanggal 6 Januari 2016.

Fuad diharapkan bisa memfasilitasi, mengkoordinasi restorasi gambut khususnya di Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Papua. 

(mus)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya