Tips Mengatasi Jerawat Membandel Ala Kendall Jenner

Sumber :
  • REUTERS/Kevork Djansezian

VIVA.co.id - Jerawat adalah gangguan kulit yang paling umum dan kebanyakan dialami oleh para remaja yang masuk pubertas dini. Hal ini disebabkan oleh peradangan pada kelenjar minyak kecil atau kelenjar sebaceous yang mengelilingi bulu-bulu halus pada wajah dan dada.

Heboh Tren Make-up Pokemouth di Media Sosial

Tingkat keparahan jerawat meningkat, mencapai puncaknya selama usia 17 sampai 19 tahun. Bagi kebanyakan orang, jerawat cenderung berkurang pada saat mereka mencapai pertengahan usia 20 tahunan.

Namun, sebagian orang mungkin akan terus mengalami masalah jerawat sampai mereka mencapai usia 40-an.

Masker Aspirin Mampu Bersihkan Pori-pori Wajah

Nah, model cantik Kendall Jenner ternyata juga sering berhadapan dengan masalah jerawat. Adik Kim Kardashian itu pun berbagi tips mengatasi jerawat membandel, seperti dilansir dari Female First berikut ini.

Cuci wajah secara teratur

Tips Cantik dalam Tujuh Hari untuk Calon Pengantin

Untuk mencegah dan menghilangkan jerawat, Anda harus mencuci wajah secara teratur, yaitu sebanyak dua kali sehari dengan pembersih ringan. Pastikan pula Anda mencuci wajab setiap kali Anda berkeringat dan jangan menggosoknya karena hal ini hanya akan membuat jerawat menjadi lebih parah.

Ikat rambut

Jangan biarkan rambut Anda tergerai dan menyentuh wajah Anda. Selain itu, cuci rambut Anda secara teratur agar kotorannya tidak menginfeksi wajah.

Hindari menekan jerawat

Satu hal yang perlu diingat agar jerawat cepat pulih ada jangan menekan atau menyentuhnya. Itu akan memperburuk kondisi jerawat dan dapat menimbulkan bekas pada kulit.

Hindari berlama-lama di bawah sinar matahari

Hindari mengekspos kulit dengan sinar matahari. Tak hanya memperburuk masalah jerawat, paparan sinar matahari terhadap kulit yang berlebihan akan menyebabkan kulit terbakar dan bahkan memicu kanker.

Gunakan pelembab

Untuk menghindari jerawat, Anda perlu mengaplikasikan pelembab berbasis air karena krim yang berminyak atau foundation dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

Konsumsi makanan sehat dan rajin olahraga

Anda juga perlu melakukan pola hidup sehat dalam mengonsumsi makanan, seperti makan banyak buah, sayuran segar, minum banyak air dan berolahraga secara teratur. Tubuh yang sehat secara otomatis akan membuat kulit menjadi sehat juga.

Hapus riasan wajah sebelum tidur.

Agar pori-pori wajah Anda tidak tersumbat dan menimbulkan jerawat, bersihkan riasan wajah setiap sebelum tidur.

Konsultasikan ke dokter

Jika semua tips diatas tidak bekerja dengan baik dalam mengatasi jerawat selama delapan minggu, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter kulit langganan Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya