Tips Jitu Merawat Rambut Kering dan Rusak

Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Merawat rambut agar tetap sehat mungkin adalah hal yang cukup sulit. Polusi, penggunaan bahan kimia, alat penata rambut, faktor genetik, dan perubahan kondisi cuaca dapat membuat rambut menjadi tak kering dan rusak.

Bahan Alami untuk Mengobati Kerusakan Rambut
Rambut kering juga dapat mengakibatkan rontok dan ketombe. Selain itu, rambut kering sulit ditata dan membuat penampilan menjadi kurang rapi. Itu lah pentingnya merawat rambut secara rutin.
 
Heboh Tren Make-up Pokemouth di Media Sosial
Untuk memiliki rambut yang sehat dan indah, Anda bisa memulainya dengan mengonsumsi makanan yang sehat untuk mempertahankan kelembapannya. Zat-zat tertentu yang terkandung di dalam makanan dapat meningkatkan kelembapan rambut, seperti salmon yang kaya akan omega-3 dan asam lemak.
 
Masker Aspirin Mampu Bersihkan Pori-pori Wajah
Selain itu, sayuran hijau, makanan yang kaya vitamin A dan C serta makanan dengan kandungan zinc seperti kacang juga dapat dimasukkan ke dalam menu makan Anda.
 
Selain asupan makanan sehat, terdapat sejumlah langkah merawat rambut yang wajib Anda lakukan. Berikut ini di antaranya, seperti dilansir dari Boldsky.
 
Jangan sering keramas
 
Rambut yang dicuci setiap hari akan membuat minyak alami rambut semakin hilang dan membuatnya terlihat kering. Oleh karena itu, hindari mencuci rambut setiap hari, karena minyak alami rambut yang diproduksi kelenjar minyak di kulit kepala dapat membantu melembapkan rambut.
 
Hindari alat penata rambut elektrik
 
Alat yang sering Anda gunakan untuk rambut, seperti pengering dan pelurus rambut akan merusak rambut. Selain itu, akan membuat rambut menjadi kering dan kaku. Pengeringan rambut secara alami adalah cara terbaik untuk mencegah kekeringan dan kerusakan pada rambut.
 
Masker pisang dan avokad
 
Masker buah pisang dan avokad paling cocok untuk merawat rambut kering dan rusak. Avokad mengandung minyak alami yang memberikan nutrisi untuk rambut kering dan “mati”. Di sisi lain, nutrisi yang hadir dalam pisang juga meningkatkan elastisitas rambut.
 
Masker telur
 
Masker telur adalah salah satu obat yang paling populer digunakan untuk mengobati rambut kering. Campurkan 3 telur utuh dengan sendok makan madu. Oleskan campuran ini ke rambut. Biarkan selama beberapa waktu dan bilas hingga bersih. Masker ini juga dapat merawat rambut rusak.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya