Segera, Jelajahi Planet Mars Tanpa Tinggalkan Bumi

Sumber :
  • 21stcentech.com

VIVA.co.id –  Perusahaan antariksa swasta sudah berambisi meluncurkan misi ke Planet Mars dalam beberapa dekade ke depan. Waktu tersebut terbilang masih cukup lama, sementara perhatian dan ketertarikan tentang Planet Merah itu sudah sangat tinggi.

Perang OS VR, Mark Zuckerberg Bakal Geser visionOS Milik Apple dengan Meta Horizon

Tapi bagi Anda penikmat antariksa, bisa menikmati sensasi menginjak di Planet Mars sebentar lagi tanpa harus pergi dari bumi. Hal itu memungkinkan sebab, Badan Antariksa Amerika Serika (NASA) bekerja sama dengan berbagai pihak sedang menyiapkan teknologi tersebut. NASA menyiapkan pengalaman virtual reality (VR) tentang Mars yang akan tersedia pada akhir 2016.

Dikutip dari Neowin, Senin 1 Februari 2016, untuk bisa menjelajahi Planet Mars tanpa meninggalkan bumi bisa dilakukan dengan memanfaatkan perkembangan teknologi realitas virtual atau VR.

Sosialisasikan Konsep dan Progres Pembangunan IKN, Nusantara Fair Resmi Dibuka

Untuk mewujudkan hal itu NASA, menggandeng perusahaan media asal Florida yaitu Fusion dan mahasiswa Institut Teknologi Massachusetts (MIT), Sydney Do. Kolaborasi itu menjanjikan pengguna bisa menjelajahi Planet Mars bahkan menghadirkan lingkungan Planet Mars kepada pengguna.

Menurut riwayat, NASA tertarik dengan konsep yang ditulis Sydney Do dalam papernya tentang kondisi dan studi kelayakan dalam misi swasta Mars One ke planet tetangga bumi tersebut.

Pameran Hari Relawan, Masyarakat Diedukasi Penanganan Bencana melalui Virtual Reality

Makanya, NASA memakai konsep Do untuk membantu menciptakan versi realistik yang memungkinkan pengguna perangkat VR bisa merasakan sensasi bagaimana astronot berjalan di Mars.

"Melampaui praktik yang digunakan dalam pelatihan, realitas virtual menawarkan kita sebuah metode berbagi pekerjaan yang kami lakukan untuk merancang misi manusia keberlanjutan dan menginspirasi generasi perintis berikutnya di antariksa," kata Direktur Sistem Eksplorasi Lanjutan NASA, James Crusan.  

NASA mengaku juga melibatkan pengembang game untuk bisa menghadirkan pengalaman Planet Mars kepada pengguna perangkat VR. Lembaga antariksa pemerintah AS itu mengatakan akan ada beberapa jenis misi yang bisa dimainkan, termasuk penggunaan pengambang di permukaan Planet Mars.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya