Susi Minta Pengusaha Lokal Cold Storage Lari Kencang

Susi Pudjiastuti
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
VIVA.co.id
Jokowi Sibuk, Paket Kebijakan XIII Keluar Pekan Depan
- Pemerintah telah membuka berbagai sektor usaha kepada asing, salah satunya adalah usaha lemari pendingin (cold storage). Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, menyebut kebijakan ini melecut investor dalam negeri untuk segera berinvestasi.

Banyak Pengusaha di Daerah Tak Tahu Paket Kebijakan Jokowi
"Pengusaha lokal akan lari kencang. Mereka akan lari ke (daerah) utara, lari ke selatan. Takut keduluan (sama investor asing)," kata Susi dalam konferensi pers di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jakarta, Jumat 12 Februari 2016.

Kebijakan Ekonomi XI Diklaim Mampu Turunkan Harga
Dia meminta agar investor dalam negeri juga segera menanamkan modalnya di sektor hilir perikanan ini.  "Saya imbau pengusaha dalam negeri untuk investasi di pengolahan. Jangan sampai kalah cepat," kata Susi.

Selain itu, pihak kementerian ini akan membagi wilayah-wilayah untuk pembangunan cold storage. Tujuannya agar pembangunan cold storage tidak terpusat di Jawa.

"Kami akan bagi cold storage ke utara, timur, selatan biar tidak terkonsentrasi di Jakarta, Semarang. Kami akan buka cabang (cold storage) ke seluruh Indonesia. Kalau terlalu jauh, ikannya jadi mahal," kata dia.

Kalau investor asing bisa berinvestasi 100 persen di sektor usaha ini, Susi mengatakan bahwa mereka juga akan membawa teknologi yang digunakan cold storage dan pasar untuk produk perikananan. "Mereka akan memacu industri lokal," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya