Ini Manfaat Susu untuk Kulit dan Rambut

Ilustrasi susu
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Selain sehat untuk diminum, ternyata susu juga memiliki manfaat lain untuk kecantikan. Susu dikenal memiliki banyak manfaat untuk perawatan kulit dan rambut, karena kaya kandungan nutrisi dan vitamin.

Susu dapat menghidrasi kulit dan membuatnya menjadi kenyal, lembut, bercahaya dan bersinar. Susu juga dapat menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut.

Berikut ini beberapa manfaat menggunakan susu untuk perawatan rambut dan kulit, seperti dilansir dari Boldsky.

Pembersih

Susu bisa berfungsi sebagai pembersih yang baik untuk kulit. Sebab, susu dapat membersihkan kotoran dalam pori-pori kulit. Caranya, celupkan kapas dalam susu dingin, lalu gosok dan oleskan ke seluruh kulit dan cuci setelahnya.

Pemutih

Susu yang dicampur dengan lemon dapat berfungsi sebagai pemutih alami terbaik. Campur susu, madu dengan beberapa perasan lemon, lalu aplikasikan pada kulit Anda. Biarkan selama beberapa menit, kemudian bilas. Campuran ini dapat membersihkan noda gelap dan mencerahkan kulit.

Scrub

Susu dapat berfungsi sebagai salah satu scrub alami yang paling efektif. Hancurkan almond dan campur dengan susu, lalu gunakan sebagai scrub alami untuk menyingkirkan komedo.

Penyegar

Susu juga berfungsi sebagai penyegar alami kulit sepanjang waktu. Susu dapat mengurangi kelebihan minyak dan menghidrasi kulit. Ini adalah bahan terbaik untuk kulit berminyak. Caranya, celupkan kapas dan aplikasikan ke wajah, dan bilas setelahnya.

Obat antijerawat

Susu merupakan agen antijerawat. Susu dapat melawan bakteri menyebab jerawat. Caranya, gosok susu ke kulit yang rawan jerawat dan biarkan selama beberapa menit, kemudian bilas.

Kondisioner

Susu sangat baik untuk rambut bila diterapkan secara rutin, karena dapat memelihara kulit kepala dan folikel rambut. Selain itu, juga membuat rambut sehat dan bersinar.

Masker

Minuman sehat ini dapat digunakan sebagai masker rambut, yang diterapkan sebelum mencucinya. Susu dapat memberikan nutrisi pada rambut dan kulit kepala.

Caranya, campur susu dengan beberapa potongan pisang dan terapkan pada kulit kepala. Biarkan selama beberapa menit, kemudian bilas hingga bersih.

Tips Mengajarkan Anak Merawat Rambut
Ilustrasi sunblock.

Tips Merawat Kulit saat Musim Hujan

Disarankan tetap memakai tabir surya.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016