Wakil Ketua MPR: Pembangunan Tol Laut Harus Disegerakan

Wakil Ketua MPR RI Oesman Sapta
Sumber :

VIVA.co.id – Hilangnya GBHN, menyebabkan arah pembangunan selalu berubah setiap kali  berganti pemerintahan. Akibatnya capaian pembangunan nasional menjadi lamban. Banyak proyek pembangunan yang mangkrak dan tidak dilanjutkan  oleh pemerintahan berikutnya. Ada juga program pembangunan yang sudah berjalan ditinggalkan,  karena pemerintahan yang baru tidak memiliki rencana pembangunan seperti penguasa sebelumnya.

Perpendek Waktu Tempuh Kapal ke NTT, Kemenhub Buka Rute Trayek Hub-Spoke Tol Laut

Imbasnya daerah yang maju semakin maju. Kesejahteraan rakyatnya semakin meningkat jauh meninggalkan daerah terbelakang. Sementara daerah yang miskin makin sulit menyusul saudara mereka yang hidup di daerah maju.

Pernyataan itu disampaikan Wakil Ketua MPR Oesman Sapta, Jumat (19/2) di Tangerang Banten. Sehingga disparitas daerah yang kaya dan kawasan yang sangat miskin semakin lebar. Pulau Jawa, Bali dan Sumatera mampu mengenyam kesejahteraan yang lebih baik. Sementara Papua, Maluku dan NTT masih terus dikungkung oleh kemiskinan dan kebodohan.

Pagu Anggaran Kemenhub 2024 Tambah Rp 400 Miliar Jadi Rp 38,47 Triliun

"Di Papua semen dijual sampai Rp1 juta, sedangkan di Jakarta harga semen persak hanya Rp70 ribu. Perbedaan itu terjadi karena tingginya perbedaan biaya transportasi antara Jawa dan Papua", kata Oso.

Karena itu menurut Oso rencana pemerintah membangun tol laut harus disegerakan. Seluruh komponen bangsa juga harus mendukung, agar rencana tersebut segera terealisir. Kalau tidak, dikhawatirkan Papua dan provinsi Indonesia timur lainnya akan semakin tertinggal daerah daearah-daerah yang sudah maju. (rin)

Jokowi Dinilai Sejahterakan Masyarakat Kepulauan Lewat Pembangunan Tol Laut
Capres nomor urut satu Anies Baswedan

Ditanya Nelayan soal Program Tol Laut Jokowi, Anies Baswedan Jawab Itu Proyek Gagal

Anies Baswedan ditanya oleh nelayan tentang program tol laut yang digagas oleh Presiden Jokowi saat dia mengunjungi Pantai Blimbingsari, Banyuwangi, Jawa Timur.

img_title
VIVA.co.id
28 Desember 2023