Jelang Oscar, Desainer Dunia Gelar Acara Fesyen di Hollywood

Saint Laurent
Sumber :
  • REUTERS/Mario Anzuoni/Files

VIVA.co.id - Sejumlah selebriti dunia berada dalam baris terdepan ajang pameran mode London Fashion Week selama pekan ini. Sementara desainer dunia dalam hitungan hari akan menjadikan karpet merah penghargaan Piala Oscar menjadi panggung mode untuk menarik perhatian.

Jelang acara Academy Award Oscar yang akan dihelat pada Minggu, 28 Februari 2016 waktu setempat, Hollywood telah menjadi tempat berbagai acara fesyen.

Rihanna Luncurkan Alas Kaki Faux Fur untuk Puma

Misalnya, desainer Inggris Stella McCartney mengadakan pesta untuk menampilkan koleksi terbarunya di toko musik terkenal Amoeba, label Saint Laurent asal Paris mengambil alih Palladium untuk menampilkan koleksi busana pria, Gucci mengumumkan selebriti sebagai modelnya dan Kenzo merilis film pendek baru mengenai koleksinya.

"Itu terasa seperti ketika musik, film fesyen, seni datang bersama-sama ke Los Angeles (acara Oscar)," kata McCartney dalam acara presentasi, yang dihadiri Katy Perry dan Gwyneth Paltrow, seperti dilansir dari Reuters.

Selebriti dan fesyen sudah sejak lama memiliki hubungan yang saling ketergantungan, mulai dari Audrey Hepburn dan Hubert de Givenchy hingga Jennifer Lawrence dengan Christian Dior.

Los Angeles sebelumnya tidak dianggap sebagai kota pencipta tren sebanyak ibukota fesyen dunia, seperti New York, Milan, Paris dan London. Namun, hal itu perlahan berubah. Pada tahun 2012, Saint Laurent memindahkan studio desainnya ke Los Angeles.
 
Tahun lalu, Tom Ford dan Burberry menampilkan sejumlah bintang dalam panggung modenya. Sementara Louis Vuitton mengadakan pameran di Hollywood. Los Angeles menjadi tempat bagi desainer menyediakan koleksi retail dan busana baru yang dapat cepat sampai ke pelanggan.

"Panggung mode menunjukkan tidak memiliki dampak yang sama seperti yang pernah mereka lakukan, karena banyak dan penuh," kata Eric Wilson, Direktur berita fesyen dari InStyle.

Sementara karpet merah ditonton di seluruh dunia. Menurut dia, pameran busana oleh selebriti di  karpet merah Oscar setara dengan satu tahun pemasaran bagi seorang desainer.

Tom Ford pada tahun lalu mendandani Reese Witherspoon dengan koleksinya untuk malam penghargaan Oscar.

"Dunia ini bahkan lebih terobsesi dengan selebriti dari sebelumnya. Anda akan melihat desainer ternama datang ke Los Angeles untuk dekat dengan selebriti," ujar Wilson.

Tahun ini, McCartney telah mencetak banyak hits di karpet merah Hollywood, seperti menggandeng aktris Jennifer Lawrence yang mengenakan celana panjang hitam di acara makan siang nominasi Oscar, penyanyi Ellie Goulding mengenakan gaun blush on merah muda untuk Grammy dan Taraji P. Henson dengan gaun strapless putih ketika memenangkan Golden Globe untuk acara TV, Empire.

Pada acara Grammy Awards, Justin Bieber dan Beck mengenakan koleksi Saint Laurent, sedangkan penyanyi Inggris Florence Welch mengenakan gaun merah muda merona dari label tersebut di karpet merah.

Sementara label busana Prancis, Kenzo memulai debut film pendek berjudul Snowbird, yang menampilkan koleksi musim semi dan panas 2016, dengan model Abbey Lee Kershaw.

Alyssa Soebandono

Gaya Busana Alyssa Soebandono ala Hollywood Era 50-an

Alyssa kenakan hijab milik Shafira bertemakan Fashion Sinematic.

img_title
VIVA.co.id
1 Agustus 2016