27-02-1942: Kapal Induk USS Langley Tenggelam di Cilacap

Kapal induk USS Langley
Sumber :
  • www.usgwarchives.net

VIVA.co.id - Hari ini 74 tahun silam, kapal induk Amerika Serikat, USS Langley (CV-1), tenggelam di wilayah Perairan Cilacap, Jawa Tengah oleh gempuran pesawat tempur Jepang. Mengutip situs History, Langley ditugaskan mengirimkan 32 pesawat P-40 Warhawks, para pilot, kru, dan perlengkapan lainnya ke Pelabuhan Cilacap.

Kala itu, kota kecil di selatan Pulau Jawa ini, wilayahnya digunakan sebagai lokasi evakuasi personel tentara Sekutu dan warga negara Belanda. Cilacap, juga satu-satunya pelabuhan di Jawa di mana kapal bisa mengirimkan kargo dalam kondisi relatif aman.

Pada 8 Desember 1941, Langley merupakan bagian dari Armada Asiatik di Filipina ketika Jepang menyerang negara itu. Langley pun segera berlayar ke Australia dan tiba pada Tahun Baru 1942. Pada 22 Februari, Langley diperintahkan oleh Komodor Robert P. McConnell meninggalkan Australia dan bergabung bersama Sekutu dalam pertempuran melawan Jepang di Hindia Belanda.

Kemudian, pada 27 Februari, Langley berpisah dari kawalan dan langsung menuju pelabuhan di Cilacap, Jawa Tengah. Namun, sekitar 74 mil (121 kilometer) dari selatan Jawa, Langley yang bertemu dengan dua kapal pengawal AS, USS Pecos dan Whipple itu, langsung dihujani bom dan senjata mesin ganda Jepang, Aichi D3A.

Terjadi perlawanan sengit. Serangan pertama dan kedua gagal dilakukan Jepang. Namun nahas, ketika serangan ketiga, Langley tak berdaya. Lima ledakan sekaligus menghantamnya. Tak cuma itu, 16 kru yang ada di dalamnya tewas.

Bagian atas Langley terbakar hebat, kemudi rusak, ruang mesin dibanjiri air laut. Ia tak lagi mampu bergerak dan terjebak dalam posisi miring. McConnell pun mengeluarkan perintah untuk meninggalkan kapal untuk dipindah ke USS Pecos.

Lalu, kapal yang satunya lagi, USS Whipple, lantas menembakkan sembilan peluru kaliber empat inchi dan dua torpedo ke arah Langley dengan alasan agar tak jatuh ke tangan Jepang. Kapal yang fungsi sebenarnya sebagai pengangkut batu bara ini resmi tenggelam ke dasar laut di Perairan Cilacap.

Jepang Siap-siap Berganti Kaisar
Ilustrasi Perang Spanyol.

12-11-1948: Penjahat Perang Jepang Divonis Mati

Hideki Tojo termasuk di dalamnya.

img_title
VIVA.co.id
12 November 2016