Bisnis Kurang Bergairah, Telkom Tetap Layani Telepon Rumah

Triple Play
Sumber :
  • Triple Play

VIVA.co.id –  Perusahaan telekomunikasi pelat merah, PT Telkom, Tbk mengakui jika layanan telepon rumah semakin hari memang kurang diminati. Namun begitu mereka tetap konsisten menggelar layanan ini dan tidak pernah menolak permintaan pelanggan yang ingin berlangganan telepon rumah.

Ketika Pelanggan Fixed Broadband Terus Menuntut Kestabilan Kecepatan

"Kami tak pernah menolak pelanggan yang mau memiliki telepon rumah. Bisnis ini memang kurang bergairah tapi kita punya banyak penawaran jasa, seperti Triple Play, karena kalau bermain layanan telepon rumah saja, trennya akan berhenti," ujar Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo di Jakarta, Senin, 14 Maret 2016. Untuk diketahui, Triple Play merupakan layanan yang terdiri dari telepon rumah, internet, dan televisi internet yang hadir dalam satu paket.

Dia menuturkan jika saat ini, dalam laporan terakhir perusahaannya, sepanjang 2015, telah ada sekitar 10,2 juta pelanggan telepon rumah. Angka ini naik sekitar 6 persen dibanding 2014 yang mencapai 9,7 juta pelanggan.

IndiHome Siap Jadi 'Window of Entertainment'

Akibat kurang bergairahnya layanan tersebut, kata dia, Telkom merasa strategi layanan paket Triple Play sudah tepat. Selain tren yang mengarah ke Triple Play, layanan yang dinamakan IndiHome itu kini makin banyak diminati. Terbukti saat ini pelanggan IndiHome Telkom sudah mencapai 1,2 juta.

IndiHome adalah layanan yang bertopang  pada infrastruktur Fiber To The Home (FTTH) agar pengguna mampu mengakses internet dengan kecepatan hingga 100 Mbps, konten UseeTV yang sudah didukung gambar High Definition (HD), dan gratis telepon dalam menit tertentu untuk jangkauan lokal atau interlokal. Konsep bundling inilah yang dikenal dengan Triple Play. Sayangnya, belakangan tersebar isu jika pelanggan yang memutuskan berhenti dari IndiHome juga tidak dapat meneruskan langganan telepon rumah.

Bentuk Digitalisasi Customer Service, Telkom Hadirkan Smart Plasa

“Hal itu harus diluruskan. Ini sebenarnya sama dengan jika membeli paket makanan di restoran cepat saji. Jika mau beli Paket Combo, dapat semua. Kalau hanya ingin membeli salah satu item aja tetap dilayani bukan? Tetapi namanya bukan Combo lagi. IndiHome itu layanan bundling jadi kontrak, pemasangan, dan aktivasinya dilakukan bersamaan," jelasnya.

Dijelaskannya, Indihome merupakan layanan bundling produk telepon rumah, internet dan IPTV. Sebagai layanan bundling, pentarifannya dituangkan dalam satu kontrak berlangganan. Jika pelanggan hanya menginginkan layanan telepon rumahnya saja, maka akan dituangkan dalam kontrak berlangganan telepon rumah. Pada saat peralihan dari IndiHome ke telepon rumah saja  tidak mengganggu layanan telepon rumah yang sudah ada.

"Jika ada pelanggan baru yang menginginkan layanan telepon rumah sama maka akan dilayani juga. Hanya saja namanya bukan IndiHome tapi telepon rumah. Kalau langganan telepon rumah saja, bonus seribu menit hilang. Seribu menit itu setara dengan sejuta rupiah,” katanya.

Sekadar diketahui, saat ini Telkom satu-satunya yang memberikan layanan layanan jasa telepon dasar (Jaspondas) di jaringan telepon tetap (Jartap). Telkom juga satu-satunya yang murni menawarkan Triple Play dengan layanan teleponi, akses internet, dan TV/video rich content disatukan dalam bundled services.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya