Fotografer Indonesia Raih Penghargaan Internasional

Erupsi Gunung Sinabung
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA.co.id - Kepuasan seorang fotografer akan didapatkan saat bisa mengabadikan momen langka lewat lensa kameranya. Kebahagiaan itu tentu akan semakin berlipat saat hasil karyanya dihargai dalam bentuk penghargaan. 

Empat Belas Negara Tujuan Wisata Medis
 
Penghargaan menjadi tolak ukur kepiawaian seorang fotografer dalam memilih momen yang tepat, dan seolah pengorbanannya untuk menunggu momen yang tepat diakui banyak orang.
Lima Rekomendasi Toko Buku di Eropa
 
Setelah menerima lebih dari 46.000 kiriman foto dari para fotografer dari 168 negara dan wilayah, pemenang lomba Smithsonian 13th Annual Photo Contest telah terpilih.
Wajib Tahu, Tips Nyaman Berlibur ke Luar Negeri
 
Seperti dilansir dari Daily Mail, lomba dengan enam kategori yaitu The American Experience, Natural World, People, Altered Image, Mobile, dan Travel, menghadirkan banyak karya menakjubkan dari foto-foto karya fotografer di seluruh dunia.
 
Dari keseluruhan foto indah tersebut, kemenangan diraih oleh fotografer Tanah Air, Albert Ivan Damanik yang mengabadikan erupsi Gunung Sinabung tahun lalu di Desa Jeraya, Sumatera Utara, Indonesia. 
 
Foto tersebut menampilkan awan abu vulkanik berwarna hitam pekat yang meluncur turun dari Gunung Sinabung pada 26 Juni 2015. Damanik mengatakan bahwa satu pekan sebelum foto diambil, penduduk desa telah dievakuasi dalam radius enam kilometer.
 
Gambar lainnya yang mendapat suara pilihan pembaca sebanyak 40 ribu suara diraih oleh Alice Van Kempen dari Belanda. Foto itu mengambil lokasi di dalam kereta kosong di Belgia, dengan anjing jenis bull terrier sedang duduk di kursi kereta seorang diri, lengkap dengan lilitan bulu di lehernya, dan tas tangan menggantung di sudut kursi.
 
Dari sekian banyak foto menakjubkan yang masuk, sembilan pendaftar meraih hadiah utama dalam beberapa kategori, seperti Natural World, Altered Image, dan Travel.
 
Dalam kategori Natural World, fotografer Hidetoshi Ogata dengan foto monyet yang sedang kedinginan di taman monyet Jigokudani, mengatakan, "Wilayah Nagano sangat dingin. Saya melihat monyet kecil menahan dingin di Jigokudani Monkey Park. Monyet kecil ini sangat manis."
 
Fotografer Radim Schreiber yang mengabadikan gambar kunang-kunang menjelang senja, dengan menggunakan cahaya kamera yang rendah, terpilih sebagai pemenang untuk kategori Altered Images.
 
Sementara itu, foto seorang wanita yang sedang berdiri di tepi pintu kereta di India memenangi kategori Travel. Tamina-Florentine Zuch yang mengabadikan momen ini mengatakan, "Setiap hari jutaan orang menggunakan kereta suburban di Mumbai. Hampir setiap kereta memiliki pemisah bagi wanita, untuk menghindari pelecehan seksual."
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya