Menteri ESDM Minta Pemerintah Juga Taat Bayar Pajak

Ilustrasi pajak
Sumber :

VIVA.co.id - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menegaskan, pemerintah harus memberikan contoh kepada masyarakat tentang membayar pajak.

Pulau Tax Haven, Untung Rugi Masih Dikaji
"Sebagai pelayan publik, pemimpin, maupun staf, kita harus memberikan contoh kepada masyarakat luas bahwa memenuhi pajak adalah bagian dari ikhtiar membela negara," kata Sudirman dalam acara "Asistensi Pengisian Pajak Online KESDM" di Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Jakarta, Senin 28 Maret 2016.
 
PMA Tak Merata Akibat Kurang Listrik
Dia mengatakan, pajak merupakan bagian dari penerimaan negara. Dengan pajak, keuangan negara akan menguat. Dengan begitu, negara bisa memenuhi sebagian besar, bahkan semua, kebutuhan masyarakat.
 
Strategi Menteri Arcandra Targetkan PLTP 7.000 MW
Sudirman optimistis semua pegawai di kementeriannya akan taat pajak, termasuk dalam pelaporan pajak pribadi. "Saya kira sebelum 31 Maret (semua sudah lapor pajak)," kata dia.
 
Sementara itu, Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan mengapresiasi pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) pajak secara online yang dilaksanakan oleh jajaran pejabat Kementerian ESDM.
 
"Jadi, betul-betul terkontrol. Melakukan (pelaporan pajak) secara bersama-sama. Ini menjadi salah satu contoh bukti bela negara," kata Direktur P2 Humas Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, Mekar Satria Utama, di tempat yang sama.
 
Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, lanjut Mekar, mengharapkan langkah ini bisa menjadi dorongan agar masyarakat segera melaporkan pajaknya. Lagipula, kata dia, pengisian pajak secara online sangat mudah, sebab bisa dilakukan di mana saja.
 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya