Ini Senjata XL demi Raih 850 Ribu Pelanggan IoT

XL geber raihan pelanggan internet of things.
Sumber :
  • Agus Tri Haryanto/Viva.co.id

VIVA.co.id – PT XL Axiata Tbk (XL) menyatakan keseriusannya dalam mengembangkan bisnis Internet of Things (IoT) tahun ini. Operator telekomunikasi berwarna biru itu membidik 200 ribu pelanggan baru di sektor IoT hingga akhir tahun.

Ada Lampu Jalan di Jakarta Bisa Terkoneksi sama Internet

Diketahui, saat ini pelanggan IoT XL telah mencapai 650 ribu. Dengan demikian, secara keseluruhan XL menginginkan ada sekitar 850 ribu pelanggan IoT yang menggunakan jasa layanannya.

Guna mencapai 200 ribu penambahan pelanggan IoT-nya, XL telah menyiapkan beberapa “senjata”. Disampaikannya, di saat pesaingnya masih bergelut pada machine to machine (M2M), XL sudah mengembangkan ke arah single platform yang dilengkapi aplikasi, device, dan network, bagi pelanggan.

Demi Pasar, Hotel Kapsul Berbasis IoT di Jakarta Ganti Nama

"IoT adalah salah satu enabler dari dunia digital sekarang untuk membangun ekosistem. Tujuannya apa? Harus menguntungkan dan memenuhi kebutuhan banyak orang. IoT telah menggabungkan dunia fisik dengan dunia digital yang menawarkan peluang dan tantangan baru," ujar Vice President Digital Services Business XL, Rafael Jeffry A. Sani di Gedung Oakwood, Jakarta, Rabu, 6 April 2016.

Dalam mengembangkan bisnis IoT, XL mengincar pertumbuhannya dari tahun 2014-2015 yang sekitar 24-29 persen menjadi double growth hingga menyentuh angka 81 persen.

Butuh Perjuangan untuk Mentransformasi Budaya ke Digitalisasi

Untuk mencapai target tersebut, XL sudah menyiapkan tiga jalur utama. Pertama, Yubox yang merupakan solusi dalam menyediakan koneksi internet WiFi plus konten hiburan berupa musik, video, games, serta aplikasi yang dapat diakses atau diunduh secara cuma-cuma.

Kedua, Savvy Smartphone berupa solusi menghadirkan kenyamanan dan keamanan pada rumah tinggal. Keamanan yang dimaksud mengandalkan sensor-sensor yang terintegrasi dengan aplikasi digital, sehingga memudahkan sang empunya untuk memantau keadaan rumah.

Lalu, ketiga ada Smartcity. Solusi satu ini menawarkan kemudahan bagi pemerintah dalam memberikan akses informasi pemerintah di berbagai sektor, kondisi kota, layanan publik, termasuk menggalang partisipasi publik dalam partisipasi pembangunan daerah.

Terakhir, Agnosthings. Artinya, XL menyediakan platform semua kebutuhan pelanggan (e2e solution). Disebutkan, melalui solusinya ini pelanggan atau masyarakat akan mengetahui informasi seputar kota, seperti lokasi keberadaan rumah sakit, kantor polisi, halte bus, stasiun kereta api dan layanan publik terdekat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya