JK Nilai Purna Jual Penting di Persaingan Otomotif

Wakil Presiden Jusuf Kalla membuka pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Wakil Presiden, Jusuf Kalla, mengatakan persaingan bisnis otomotif kini tidak terbatas hanya pada persoalan 'bandel' dan tangguhnya mesin mobil serta style-nya. Dia menilai after sale service atau layanan purnajual juga berpengaruh.

Wapres Imbau Produsen Otomotif Manfaatkan Tax Amnesty
 
"Banyak merk mobil yang bertahan lama, ada yang tidak bertahan lama, bukan karena teknologinya," kata Jusuf Kalla, dalam acara Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016, di Jiexpo, Kemayoran, Jakarta, Kamis, 7 April 2016.
JK Bangga Penjualan Mobil Capai Satu Juta Unit per Tahun
 
Menurutnya, teknologi mobil sebenarnya hampir sama, stylist, bisa ditiru dan harga bisa ditekan karena banyaknya vendor. Dari semua hal tersebut, yang terpenting adalah bagaimana melayani customer dalam jangka panjang.
Pameran Mobil Terbesar Asia Tenggara GIIAS 2016 Resmi Dibuka
 
"Tentu dalam pameran perlu juga diketahui sehingga orang membeli mobil bukan hanya karena bentuknya, warnanya tapi jangka panjangnya harus dilihat sebagai bagian suatu upaya persaingan. Bila hanya bersaing di harga justru akan mematikan semua pihak. Ada yang hidup tapi yang lainnya akan mati dengan sendirinya," kata Jusuf Kalla.
 
Dia menuturkan, kalau persaingan otomotif ditekankan pada pelayanan maka akan positif untuk konsumen dalam jangka panjang. Pada pameran ini dia berharap industri otomotif bisa memberikan pilihan yang baik pada masyarakat dan customer, yang dibuat untuk jangka panjang.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya