BTPN Andalkan T-Cash untuk Tambah 1 Juta Pelanggan

Layanan TCASH.
Sumber :
  • FOTO: Dok Telkomsel.

VIVA.co.id – Telkomsel menggandeng sektor perbankan, PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) untuk menyasar kalangan unbankable atau masyarakat yang belum tersentuh layanan keuangan formal. Dalam kerja sama ini diharapkan satu juta warga yang unbankable bisa memiliki akses ke perbankan.

Telkomsel Bawa Virtual Reality ke Jakarta Fair 2016

Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah, menyakini, kolaborasi Telkomsel melalui layanan uang elektronik Tcash yang terintegrasi dengan rekening tabungan BTPN Wow akan mempermudah penggunanya untuk melakukan pembayaran secara mobile atau transaksi melalui ponsel.

"Ini merupakan salah satu perwujudan visi Telkomsel dalam menciptakan ekosistem layanan keuangan mobile yang terintegrasi dengan perbankan sehingga dapat mengakselerasi keuangan inklusif bagi masyarakat Indonesia," ujar Ririek, Senin, 18 April 2016.

Telkomsel Harap Tarif Interkoneksi Bisa Adil

Sebelum diluncurkan, layanan keuangan terhubung Tcash-BTPN Wow telah dilakukan uji coba di lima kota, yakni Lampung, Bandung, Tasikmalaya, Cirebon, dan Bogor pada Maret lalu. Hasilnya yang positif membuat mereka percaya diri untuk diluncurkan secara nasional, seperti yang terjadi saat ini.

"Untuk tahap awal, kita menyasar satu juta nasabah yang menggunakan layanan keuangan terhubung Tcash-BTPN Wow. Saya harap, tentunya jumlah target tersebut tidak berasal dari Jawa saja tapi diluar itu," ungkap Direktur Utama BTPN Jerry Ng.

Mau Coba 3D Samsung Gear VR? Datang Saja ke Tempat Ini

Diketahui, BTPN Wow! yang diluncurkan Maret 2016 telah mencapai sekitar 30 ribu agen, dengan jumlah nasabah lebih dari 410 ribu nasabah. Sementara, saat ini pengguna Tcash mencapai 6,5 juta, namun yang aktif menggunakannya sekitar 500 ribu pengguna.

Berdasarkan data yang dimiliki Telkomsel, dari total penduduk Indonesia, baru 40 persen yang menggunakan layanan perbankan. Sementara itu, ada 60 persen lagi yang perlu didekati dengan metode layanan nontunai yang menawarkan kemudahan.

Dengan T-cash, satu juta warga Indonesia yang tidak pernah tersentuh perbankan diharapkan bisa mengaksesnya. T-Cash merupakan perangkat pembayaran digital yang menggunakan teknologi Near Field Communication (NFC). Artinya, pembayaran bisa dilakukan hanya dengan mengandalkan ponsel yang telah memiliki perangkat T-Cash tanpa harus memiliki akun bank atau kartu pembayaran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya