Pembangunan Kilang di Balikpapan Jadi Tercepat di Dunia

Ilustrasi Kilang Minyak
Sumber :
  • REUTERS

VIVA.co.id – PT. Pertamina (Persero) menyatakan bahwa program masterplan pengembangan kilang, atau Refinery Development Master Plan Program (RDMP) RU V Balikpapan, akan menjadi proyek pembangunan kilang tercepat di dunia.

Menhub Izinkan Pertamina Bangun Kilang Minyak di Pelabuhan Tuban

Direktur Pengolahan Pertamina, Rachmad Hardadi mengatakan, pada akhir 2019, RDMP RU V Balikpapan ditargetkan beroperasi secara komersial, di mana artinya pada kuartal II 2019 proyek mechanical completion sudah harus tuntas. 

"Dengan kata lain, konstruksi dari RDMP RU V Balikpapan harus tuntas dalam waktu hanya tiga tahun. Belum ada di dunia lama pengerjaan kilang kurang dari empat tahun, sehingga apabila tuntas nanti, RDMP RU V Balikpapan akan jadi yang pertama,” kata Rachmad Hardadi dalam keterangan tertulis yang diterima VIVA.co.id, Senin 25 April 2016.

Pertamina Jajaki Dua Opsi Terkait Pengembangan Kilang Cilacap

Dijelaskannya, RDMP RU V Balikpapan juga akan menjadi proyek pertama yang secara fisik dilaksanakan dari RDMP maupun New Grass Root Refinery yang direncanakan perusahaan.

RDMP RU V Balikpapan, lanjutnya, akan meningkatkan kapasitas produksi minyak dari RU V Balikpapan semula yang hanya 260 ribu barel per hari (bopd) menjadi 360 ribu barel per hari (bopd).

Penuhi Kebutuhan BBM, Pertamina Lakukan Hal ini

"RDMP RU V Balikpapan merupakan bagian dari program Pertamina untuk meningkatkan kapasitas dan mutu produk kilang nasional yang dilakukan di beberapa kilang, yaitu RU IV Cilacap, RU VI Balongan, RU II Dumai, dan RU V Balikpapan sendiri," tuturnya. (asp)

Upgrading Kilang RU IV Cilacap Milik PT Pertamina

Dahlan Iskan Bicara Taktik Pertamina Bangun Kilang Rp450 Triliun

Dahlan beberkan analisa pendanaan tiga proyek besar Pertamina.

img_title
VIVA.co.id
21 Juni 2020