Tujuh Manfaat Keuangan Ikut Arisan

Ilustrasi menabung
Sumber :
  • Halomoney

VIVA.co.id – Arisan merupakan salah satu jenis tabungan namun berjangka waktu. Kegiatan ini biasanya diikuti oleh sekelompok orang, dan setiap peserta dari kelompok arisan tersebut menyetorkan sejumlah uang yang telah disepakati sebelumnya dalam setiap periode tertentu, baik harian, mingguan, bahkan bulanan.

Beli Produk Asuransi Secara Virtual, Perhatikan Tahapan Ini

Setelah melewati satu periode pembayaran setoran, maka pembayaran tabungan akan dilakukan dengan cara pengundian untuk mengetahui siapa yang akan menerima sejumlah uang hasil dari setoran dari setiap peserta arisan tersebut. 

Di sinilah satu peserta atau lebih akan mendapatkan pembayaran tabungannya dan hanya akan mendapatkan sekali pembayaran tabungannya dalam satu periode arisan kecuali satu peserta mengikuti arisan tersebut atas beberapa orang atau nama dengan membayar setoran sesuai nama tersebut, bisa dua atau tiga kali lipat setiap setorannya.

Tips Jitu Agar Tak Keteteran Bila Punya Pekerjaan Sampingan

Peserta yang telah mendapatkan pembayaran tabungan harus tetap memberikan setoran setiap periodenya dan menunggu sampai semua peserta arisan mendapatkan giliran pembayaran tabungannya.

Dalam perspektif agama kegiatan arisan ini tidak haram. Karena dalam arisan tidak ada peserta yang dirugikan secara finansial serta semua peserta dikenakan setoran yang sama dan mendapatkan jumlah tabungan yang sama. 

Delapan Pekerjaan yang Bakal Digantikan Robot di Masa Depan

Kegiatan arisan ini sebenarnya memiliki beberapa manfaat. Berikut beberapa manfaat arisan yang bisa kita peroleh.

1. Sebagai tabungan

Arisan dianggap salah satu cara untuk menabung. Jika kita merasa kesulitan untuk bisa menabung, mengikuti arisan bisa menjadi salah satu solusi. 

Dengan mengikuti arisan, menabung menjadi hal yang wajib karena kita mempunyai kewajiban untuk membayar sejumlah uang sebagai setoran setiap periodenya. Dan akan mendapatkan pembayaran atas tabungan tersebut pada satu periode arisan.

Baca juga: Delapan Dasar Keuangan Pribadi yang Anda Wajib Ketahui

2. Sebagai perencanaan keuangan sederhana

Jumlah dari setoran setiap periodenya akan selalu sama, dan kita juga akan mengetahui jumlah tabungan yang akan kita peroleh. Dengan demikian, kita bisa melakukan perencanaan keuangan sederhana dengan mengetahui pengeluaran arisan setiap periodenya serta merencanakan penggunaan uang arisan tersebut untuk hal yang penting.

3. Sebagai tempat silaturahmi

Manfaat arisan selain untuk finansial juga bisa sebagai tempat untuk silaturahmi. Biasanya peserta arisan berasal dari berbagai kalangan atau tempat yang berbeda. Dengan demikian arisan memberikan manfaat positif untuk saling bersilaturahmi antar peserta arisan.

Baca juga: 7 Tempat Jual Beli Emas yang Paling Aman

4. Sebagai tempat bersosialisasi

Selain menjalin silaturahmi, mengikuti arisan juga sebagai tempat atau cara bagi setiap peserta untuk bersosialisasi. Sehingga mereka tidak hanya bersosialisasi pada satu lingkungan saja namun melalui arisan akan membantu kita untuk bersosialisasi dengan lingkungan atau komunitas yang lain.

5. Membuka kesempatan berbisnis

Mengikuti arisan dapat dimanfaatkan sebagai tempat atau jalan untuk kita berbisnis. Misalnya saja, jika kita seorang penjual bisa melakukan penjualan produk atau demo kepada peserta arisan. Atau bisa juga digunakan untuk membuka jaringan bisnis tertentu.

6. Menciptakan kegiatan yang positif

Dalam sebuah arisan biasanya kita bisa menciptakan arisan tersebut dengan kegiatan yang bermanfaat. Misalnya saja setiap melakukan pengundian, bisa dibarengi dengan kegiatan pengajian bersama, pelatihan membuat suatu resep masakan, dan kegiatan positif lainnya.

Baca juga: Kelebihan Kartu Kredit Syariah dan Perhitungan Tagihannya

7. Menghilangkan kejenuhan

Arisan bisa menjadi salah satu aktivitas untuk menghilangkan kejenuhan. Melalui arisan kita akan bisa bersilaturahmi, bersosialisasi, serta melakukan kegiatan lainnya. Biasanya arisan dilakukan di salah satu rumah peserta dan dilakukan secara bergiliran. 

Untuk membuat arisan lebih menyenangkan seringkali dilakukan di suatu tempat wisata atau restoran tradisional. Dengan begitu arisan bisa menjadi cara untuk menghilangkan kejenuhan.

Manfaat lain dari mengikuti arisan

Itulah beberapa manfaat arisan di atas yang bisa kita peroleh. Sehingga sangat dianjurkan untuk kita mengikuti arisan setiap periodenya. Bahkan bila perlu ikutilah arisan di tempat lain untuk menambah relasi dengan orang orang yang baru. 

Dengan demikian, kita dapat menciptakan hubungan dengan banyak orang. Selain itu, karena arisan sebagai cara menabung maka akan memberikan dampak positif pada kondisi finansial kita. Namun, perlu diperhatikan pula sebelum kita mengikuti arisan. 

Perhatikan lingkungan serta peserta arisan, jangan sampai arisan yang kita ikuti itu salah atau tidak benar. Misalnya saja pemegang arisan membawa uang tersebut dan arisan tidak dilanjutkan. 

Atau dalam arisan kita justru mengikuti kegiatan yang negatif atau kurang bermanfaat. Sehingga kita tidak memperoleh manfaat manfaat tersebut.

Baca juga: 4 Manfaat Anak Memiliki Kartu Kredit

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya