Seberapa Besar Pemerintah Tawar Harga Saham Freeport?

Wilayah pertambangan terbuka Freeport di Timika, Papua.
Sumber :
  • ANTARA/Muhammad Adimaja

VIVA.co.id – Pemerintah melalui tim kajian divestasi PT Freeport Indonesia terus mengkaji penawaran harga saham yang ditawarkan perusahaan multinasional itu sebesar US$1,7 miliar, atau setara dengan Rp23,67 triliun untuk 10,64 persen saham yang dimiliki.

Freeport Harus Hitung Ulang Harga Divestasi Saham

Namun, Menteri Badan Usaha Milik Negara Rini Soemarno justru memberikan sinyal bahwa tim kajian divestasi perusahaan tambang asal Amerika Serikat tersebut, sudah memiliki besaran angka yang akan ditawarkan.

"Kami sedang menunggu dari Freeport. Karena ini (harga) yang ditawarkan. Kami menunggu saja," kata Rini, saat ditemui di Hotel Borobudur Jakarta, Senin 9 Mei 2016.

Besok Pertamina RUPS, Perombakan Direksi Merebak

Meski begitu, mantan menteri perindustrian tersebut enggan membeberkan secara pasti, berapa angka penawaran harga yang disodorkan oleh pemerintah. Intinya, tim kajian divestasi saham Freeport Indonesia sudah menemukan harga yang cocok untuk 10,64 persen saham yang dimiliki.

Namun, kepastian siapa yang akan mengakusisi saham tersebut, diakui Rini masih belum ditetapkan. 

Komisi VI Nilai UU No 19/2013 Tentang BUMN Tak Memadai Lagi

"Kami masih menunggu (arahan), apakah membeli atau tidak. Sampai sekarang belum," ucap Rini.

Sebagai informasi, pemerintah beberapa waktu lalu mengakui, nilai saham yang ditawarkan anak perusahaan Freeport Mc-MoRan Inc. tersebut terlampau tinggi, dan memerlukan evaluasi lebih mendalam sebelum diakusisi oleh pemerintah. (asp)

Petugas PGN

Dilebur ke Pertamina, Apa Untung PGN?

Pemerintah targetkan pembentukan holding BUMN energi tahun ini.

img_title
VIVA.co.id
13 Juni 2016