Konsumsi Pertalite dan Pertamax Naik Selama Libur Panjang

BBM jenis Pertalite.
Sumber :
  • ANTARA/Muhammad Adimaja

VIVA.co.id – Libur panjang Isra Mi’raj dan kenaikan Isa Almasih pekan lalu menyebabkan konsumsi pertalite dan pertamax melonjak hampir 20 persen dari total rata-rata penyaluran harian di wilayah Jawa Barat.

Gratis Dua Liter Pertamax untuk 1 Juz Alquran di SPBU Ini

Hal itu diungkapkan oleh general manager marketing operation region III PT Pertamina, Jumali. Ia menerangkan, hingga Minggu, 8 Mei 2016, rata-rata konsumsi pertalite selama arus libur panjang tercatat 3.780 kiloliter (KL) per hari, atau bertambah 19 persen dari total rata-rata penyaluran harian sebesar 3.160 KL.

Adapun, konsumsi rata-rata pertamax hingga hari yang sama juga bertambah sekitar 11 persen mencapai 5.350 KL per hari dibandingkan total rata-rata penyaluran harian sekitar 4.800 KL.  Penyaluran pertamax bahkan sempat tembus 5.900 KL pada H-1 masa libur.

Pertamina Optimistis RI Swasembada BBM di 2023

“Peningkatan konsumsi untuk produk pertamax series dan pertalite sudah kami antisipasi dengan penambahan penyaluran setiap harinya. Terbukti pasokan BBM (bahan bakar minyak) selama liburan tergolong aman,” kata Jumali dalam keterangannya di Jakarta, Senin 9 Mei 2016.

Sementara, untuk konsumsi premium, mengalami kenaikan sebesar dua persen dari 17.600 KL per hari. Adapun, Solar hanya terserap 88 persen atau sekitar 7.550 KL dari total rata-rata penyaluran harian sebesar 8.560 KL.

Mengaji Satu Juz di SPBU Gratis 2 Liter BBM

"Pertamina selalu fokus pada pemenuhan stok di seluruh SPBU (stasiun pengisian bahan bakar umum), khususnya di jalur-jalur yang diperkirakan akan mengalami lonjakan kendaraan selama liburan panjang, seperti tol Cipularang dan Cipali," tutur dia.

(ren)

SPBU.

SPBU Pertamina Rempoa Dijokikan Pihak Tertentu?

SPBU Rempoa diketahui melakukan kecurangan takaran minyak.

img_title
VIVA.co.id
10 Juni 2016