Indonesia Perlu Menjaga Keseimbangan Hubungan Luar Negeri

Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid
Sumber :

VIVA.co.id – Wakil Ketua  MPR RI Hidayat Nur Wahid menghadiri  perayaan Europe Day tahun 2016. Acara tersebut berlangsung di Hotel Darmawangsa Jakarta Selatan, Senin 9 April 2016.  Ikut hadir acara tersebut Menteri Perdagangan Thomas Lembong, Menteri Perindustrian Saleh Husein, serta para duta besar dan perwakilan negara-negara Eropa  yang ada di Indonesia.

PKS Heran, Prabowo Galang Dana Jadi Polemik

Usai acara tersebut Hidayat mengatakan peringatan Europe Day  di Indonesia menjadi bukti bahwa Indonesia mampu menghadirkan amanat UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Yaitu, menghadirkan dunia  yang damai, saling menghargai, dan saling bekerjasama.  Dengan begitu diharapkan hubungan Indonesia dengan negara-negara eropa bisa berkontribusi  dalam pembangunan.

Perayaan Europe Day menurut Hidayat seharusnya bisa menjadi  forum loby yang efektif. Terutama bagi kementerian terkait, seperti perdagangan, pendidikan, dan perindustrian.

Kader dan Elite PKS Dipolisikan, HNW Serahkan pada Hukum

"Kita harus tetap menjaga hubungan dengan negara-negara Eropa sekalipun hubungan Indonesia-Cina meningkat tajam. Ini akan berfungsi sebagai ballancing  bagi politik luar negeri,” kata Hidayat menambahkan.

Indonesia, kata Hidayat memang perlu selalu menjaga keseimbangan hubungan luar negerinya, dan bukan hanya berorientasi ke Cina semata. Meskipun, negara-negara Eropa sendiri bukan tanpa masalah. Tetapi negara-negara Eropa tetaplah komunitas negara maju dan berpengaruh bagi keberlangsungan bumi.  (webtorial)

PKS Minta Ada Payung Hukum Jelas soal Koopssusgab
Hidayat Nur Wahid di Senayan, Jakarta

Wakil Ketua MPR ke Jokowi: Tunggu Apa Lagi? Buktikan Reshuffle

Sebab, ada beberapa menteri-menteri yang tidak bekerja dengan baik.

img_title
VIVA.co.id
29 Juni 2020