DPR Apresiasi Pengembangan Usaha Masyarakat Raja Ampat

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Herman Khaeron
Sumber :

VIVA.co.id – DPR mengapresiasi pengembangan usaha masyarakat berbasis perikanan di Kampung Saonek, Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Selain memiliki kualitas yang bagus, kemasannya juga dinilai sangat baik dan memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan di pasaran.

DPR RI Tetapkan Daftar Nama Anggota Komisi dan AKD

Demikian salah satu respon DPR yang disampaikan Wakil Ketua Komisi IV DPR Herman Khaeron saat berdialog dengan kepala desa, dan sejumlah masyarakat di Kampung Saonek, Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, Senin 9 Mei 2016. Herman memimpin Tim Kunjungan Kerja (kunker) Komisi IV DPR RI dalam masa reses DPR ke Provinsi Papua Barat.

Meski memiliki potensi pasar yang bagus, tambah Herman, pengembangan usaha berbasis perikanan Kampung Saonek tetap harus ada pendampingan, misalnya dari sektor teknologi, sistem pemasaran dan modal usaha.
 
“Tapi yang paling dibutuhkan adalah ketersediaan listrik, karena di Kampung Saonek ini, listrik hanya ada malam hari saja dari jam 6 sore sampai jam 12 malam,” kata politisi F-PD itu.

Sepakat Revisi UU MD3, Dua Fraksi Ini Beri Catatan

Di samping itu, masyarakat setempat juga menyampaikan adanya kebutuhan soal interkoneksi transportasi yang lebih terjadwal agar masyarakat bisa memanfaatkan transportasi itu untuk meningkatkan berbagai potensi di Kampung Saonek itu.

Herman beranggapan, Kabupaten Raja Ampat yang sebagian besar wilayahnya adalah kawasan konservasi dan cagar budaya harus terus dipikirkan peningkatan ekonomi masyarakatnya.

Mungkinkah RUU Perlindungan Data Pribadi Selesai dalam 4 Bulan?

“Kami (DPR-red) concern bahwa untuk meningkatkan taraf kesejahateraan yang basisnya terhadap konservasi, tentu berbagai inovasi dan gagasan yang ada di masyarakat ini yang harus didukung dan didorong. Termasuk kami di DPR mendorong segera dibentuknya koperasi agar secara institusi tentu ini menjadi kekuatan kolektif yang ini juga adalah sarana untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat disini,” jelas Herman.

Dengan adanya koperasi, harap politisi asal dapil Jawa Barat itu, pendampingan dan pembinaan termasuk komitmen Pemerintah Pusat terhadap warga Kampung Saonek di Kabupaten Raja Ampat bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus menjaga lingkungannya dan tentu pada saat bersamaan sebagai bentuk perwujudan kebersamaan NKRI. (www.dpr.go.id)

Ketua Komisi VIII, Yandri Susanto.

Yandri Susanto dari Fraksi PAN Jadi Ketua Komisi VIII

Pada kesempatan sama Rachmat Gobel jug melantik pimpinan komisi V.

img_title
VIVA.co.id
30 Oktober 2019