Kebun Sawit Ini Kembangkan 5.000 Sapi

Sapi
Sumber :

VIVA.co.id – Perusahaan perkebunan PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk, (SSMS) tidak hanya fokus pada usaha tanaman sawit. Namun, juga melakukan mengembangkan peternakan 5.000 ekor sapi, sebagai bagian dari integrasi dengan kebun kelapa sawit.

DKI dan Bangka Barat Kerja Sama Pembibitan Sapi

Direktur Utama PT SMSS, Rimbun Situmorang mengatakan, perseroan mengembangkan integrasi kebun sawit dengan sapi seperti yang disarankan oleh pemerintah.

"Peternakan sapi ini bisa menjadi sumber pendapatan lain bagi perseroan. Sekarang masih dalam tahap percobaan sudah mencapai 5.000 ekor," ujar dia di areal perkebunan sawit PT SMSS di Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Rabu 11 Mei 2016.

Jokowi: Dalam 10 Tahun Indonesia Bisa Swasembada Daging

Menurut Rimbun, pengembangbiakkan sapi itu telah dilakukan dalam dua tahun terakhir. Pihaknya membeli sapi-sapi induk dari Bali dan Australia.

"Ke depannya, sapi-sapi itu akan digemukkan untuk dijual sebagai sapi pedaging," tambahnya.

Sapi Riset Kemenristek Bisa Kurangi Impor 20 Persen

Integrasi kebun sawit dan sapi dilakukan melalui anak usaha PT SMSS, yaitu PT Sulung Ranch, yang terafiliasi melalui induk usaha perseroan, PT Citra Borneo Indah. Pembibitan dilakukan melalui sistem semi intensif dengan menggembalakan sapi di kebun sawit. (asp)

Mentan SYL dorong Provinsi Sulsel jadi sentra penghasil sapi potong berkualitas

Mentan SYL Dorong Provinsi Sulsel Jadi Sentra Sapi Potong Nasional

Mentan SYL dorong Provinsi Sulawesi selatan menjadi salah satu sentra penghasil sapi potong berkualitas yang bisa memperkuat produksi daging nasional.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2023