Pemerintah Kenalkan Kartu Tani, Tiga Bank Jadi Penerbitnya

Petani menanam padi di areal sawah desa Pabean Udik, Indramayu, Jawa Barat.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

VIVA.co.id – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno mengatakan, pemerintah telah menunjuk tiga bank untuk mengeluarkan kartu tani. Ketiga bank itu adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Mandiri dan Bank Negara Indonesia (BNI). 

Mendag Lutfi Dinobatkan Jadi Pemimpin Terpopuler oleh Warganet

Kartu tani ini diberikan kepada petani agar mereka bisa membeli keperluan pokok seperti pupuk dan transaksi ini bisa didata oleh pemerintah.

“Dia bisa dihubungkan dengan waktu dia membeli pupuk, menanam apa. Itu bisa dihubungkan dengan Bulog," kata Rini usai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Negara Jakarta, Kamis 12 Mei 2016.

Menteri LHK: Pembangunan Tak Boleh Terhenti Atas Nama Deforestasi

Dengan kartu ini, pemerintah bisa mendata para petani. Dengan demikian, pemerintah bisa mengetahui secara langsung kebutuhan petani dan daerahnya.

"Karena, waktu beli pupuk, mereka juga jelaskan mereka menanam apa. Karena kan enggak terus-terusan padi, enggak kan. Bisa saja mereka tanam padi, berikutnya tanam bawang. Jadi dengan demikian akan lebih tepat informasi yang akan didapat oleh pemerintah," tutur Rini.

Menko Luhut Ingatkan Visi Poros Maritim Dunia Harus Terealisasi

Program ini, lanjut dia, juga tidak terlepas dari program Kredit Usaha Rakyat yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah. Rini mengatakaan, pihaknya mengejar kartu ini bisa rampung di tahun ini. Hanya untuk petani gula, datanya sudah lengkap. 

"Sangat senang (Jokowi), dan diharapkan secepatnya semua petani mendapatkan kartu ini dan langkah ke depan lainnya adalah nelayan," kata Rini.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya