Tiga Cara Kurangi Stres Akibat Sibuk Bekerja

Ilustrasi sakit leher
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Tanpa disadari rutinitas di kantor bisa membuat seseorang menjadi stres. Apalagi jika bekerja di bidang yang menuntut waktu cepat serta ketelitian. Tekanan dari atasan juga bisa membuat suasana hati semakin memburuk.

Waspada Jika Alami Gejala Ini, Artinya Anda Stres

Hal ini tentunya berpengaruh pada kinerja seorang pegawai. Akibat stres dalam bekerja, pegawai akan mengalami penurunan performa yang pada akhirnya juga memengaruhi perusahaan.

Tak ingin stres berkepanjangan? Anda bisa mencoba tiga cara berikut ini untuk mengurangi stres akibat pekerjaan seperti dilansir laman Huffington Post.

6 Alasan Ilmiah Kenapa Senin Hari Terburuk dalam Sepekan

Istirahat

Jika Anda bekerja di industri di mana Anda dapat memprediksi jam sibuk, mulailah untuk istirahat sebelum dan sesudah jam sibuk tersebut. Selain itu mengambil liburan sebelum mengerjakan tugas berat bisa membantu menyegarkan pikiran ketika datang ke kantor. 
 
Merawat tubuh

Waspada! 6 Tanda Ini Tunjukkan Kamu Sedang Stres Berat

Selain olahraga, jangan lupa untuk merawat tubuh. Mulailah merawat tubuh dengan cara memilih makanan yang sehat. 

Selain itu, tidur yang cukup di malam hari juga dapat membuat pekerjaan Anda lebih mudah dilakukan pada esok hari. Sebab, tidur dengan delapan jam di malam hari dapat membuat tubuh Anda tetap bugar setiap hari.   

Jangan bekerja terlalu berlebihan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bekerja 56 jam atau 70 jam dalam seminggu, tidak akan menghasilkan perbedaan. Pada saat pegawai memaksakan bekerja hingga 56 jam seminggu, produktivitas tetap saja menurun. 

Hal ini karena hasil dari pekerjaan Anda kurang lebih sama. Pada dasarnya, Anda membuang-buang waktu tambahan 14 jam jika mencoba bekerja selama 70 jam dalam seminggu.

Selanjutnya, studi lain menunjukkan bahwa manajer tidak bisa membedakan antara pekerja yang menghabiskan waktu 80 jam per minggu dengan mereka yang hanya berpura-pura bekerja, tetapi mereka tidak menghukum orang-orang yang kurang bekerja. 

Baca juga: 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya