Trik Hilangkan Stres di Tempat Kerja

Ilustrasi masuk angin
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Bekerja sangat melelahkan dan membuat stres. Bahkan, bila itu adalah pekerjaan impian Anda, pada level tertentu stres bisa muncul. 

Buat Diri Lebih Tenang, Atasi Stres dengan 4 Tips Sederhana Ini

Penyebabnya, bisa lantaran tenggat waktu yang ketat, bos yang kurang menyenangkan, atau target-target yang sepertinya mustahil untuk dicapai bisa membuat Anda mudah marah, lelah, dan stres. 

Tidak sedikit orang, bahkan mengalami gangguan tidur, lantaran stres akibat pekerjaan. Untuk menghilangkan stres, keseimbangan dalam kerja adalah kuncinya. 

6 Cara Sederhana, Cepat dan Efektif Atasi Stres

Lantas, bagaimana caranya, agar menciptakan keseimbangan yang dibutuhkan itu, ini triknya:

Gunakan jam makan siang untuk olahraga ringan
 
Jika Anda mulai merasa lelah dan stres dengan pekerjaan, coba gunakan jam makan siang untuk melakukan olahraga ringan. 

Maudy Ayunda: Stress Tidak Selalu Buruk

Contohnya, bisa berjalan kaki di sekitar kantor, atau melakukan peregangan di kamar kecil atau di meja kerja Anda. 

Cukup 10 hingga 20 menit, Anda bisa mendapatkan endorphin. Zat yang dikeluarkan oleh tubuh, saat sedang berolahraga ini bisa membuat orang bahagia. 

Jadi, bila stres sudah mencapai puncaknya, gerakkan tubuh Anda. (Baca juga: 7 Kota dengan Biaya Taksi Termurah di Dunia, Ada Jakarta Loh!)

Makan siang di luar kantor

Bila tekanan pekerjaan sedang tinggi, biasanya emosi akan berbanding lurus. Bila Anda tengah mengalami hal itu, usahakan untuk tidak berada dalam lingkungan yang membuat stres Anda meningkat. 

Bila tidak, stres akan terus menempel pada Anda. Untuk itu, cobalah mencari suasana baru dengan jalan ke luar kantor. Bila tidak memungkinkan untuk keluar kantor pada jam kerja, gunakan waktu makan siang Anda. 

Cobalah mencari tempat makan siang di luar kantor, sehingga suasana yang baru bisa membantu Anda menjadi lebih rileks.

Percakapan bisa mencairkan suasana

Berbincang empat mata dengan rekan kerja, bisa menjadi solusi yang cepat untuk menghilangkan stres. 

Nah, bila emosi sedang memuncak, cobalah mengajak rekan kerja untuk berbincang. Ceritakan masalah pekerjaan Anda. Sebab, dengan bercerita, Anda bisa melepaskan sebagian beban dari pikiran. 

Siapa tahu, teman Anda itu juga punya solusi untuk masalah Anda. Selain masalah stres terselesaikan, berbincang dengan rekan kerja juga dapat mempererat hubungan pertemanan.

Jangan paksa diri

Anda memang boleh menunjukkan kemampuan dan keinginan untuk berkompetisi dalam dunia kerja. Tetapi, jangan pernah memaksa diri hingga di luar batas. 

Misalnya, sesekali diminta untuk menyelesaikan pekerjaan tambahan di luar jam kerja bisa sesekali Anda lakukan. Tetapi, jangan biarkan itu berkelanjutan. 

Dedikasi seperti ini sangat menguntungkan bagi bos Anda, tetapi tidak bagi Anda, jika penghasilan yang diperoleh tidak sebanding. (Baca juga: Hadapi MEA, Kamu Harus Jadi Konsumen Cerdas Lewat 5 Tips Berikut)

Jangan bawa persoalan kerja ke rumah

Anda harus memisahkan kehidupan profesional dan kehidupan sosial. Meski beberapa pekerjaan seperti guru mengharuskan orang untuk membawa pekerjaan yang belum selesai ke rumah, sebenarnya Anda dapat mengupayakan untuk memisahkan pekerjaan dari kehidupan di rumah. 

Agar Anda bisa menjalankan komitmen, tinggalkan saja dokumen, atau tugas kantor. Hal ini membantu, agar Anda tidak berusaha mencuri waktu untuk bekerja saat di rumah. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya