Buat Diri Lebih Tenang, Atasi Stres dengan 4 Tips Sederhana Ini

Ilustrasi pria marah/emosi.
Sumber :
  • Freepik/nakaridore

JAKARTA – Tekanan hidup, baik soal pekerjaan atau asmara kerap menyebabkan seseorang merasa stres. Biasanya seseorang akan merasa stres secara bertahap atau terjadi secara mendadak.

Minta Aturan Tembakau Dipisah dari RPP Kesehatan, Ekosistem Tembakau Beri Penjelasan

Stres biasanya dialami seseorang dalam durasi sebentar, namun ada juga sampai berhari-hari. Jika kamu menghadapi stres berlebih, penting untuk segera menerapkan beberapa tips ini sebagai langkah awal mengelola stres tersebut.

Berikut cara menenangkan diri saat stres dilansir dari Verywell Mind Selasa 30 April 2024.

Sri Mulyani Rancang Anggaran Kesehatan 2025 Rp 217,8 Triliun, Termasuk Buat Gizi Anak-Ibu Hamil

1. Gerakkan tubuh

Ruben Onsu Dilarikan ke RS, Jordi Onsu Panik dan Didesak Baikan oleh Netizen

Menggerakkan tubuh dengan jalan-jalan sebentar meski hanya 5 atau 10 menit akan sangat membantu saat kamu sedang merasa kewalahan dengan dirimu sendiri. Kamu bisa jalan-jalan entah di dalam rumah ataupun di luar rumah. 

Jika berjalan dengan teman yang baik, bisa menjadi cara untuk mendapatkan dukungan sosial dan jika berjalan sendirian dapat memberimu waktu untuk berpikir, membingkai ulang dan kembali ke situasi dengan optimisme baru. Selain itu, kamu juga mendengarkan musik yang menenangkan atau memberi energi.

2. Atur napas

Hal yang biasa terjadi ketika kita mengalami stress adalah terjadinya peningkatan detak jantung, pernapasan cepat, dan tekanan darah tinggi. Latihan pernapasan dalam dapat mengurangi gejala tersebut, membantu menenangkan pikiran dan tubuh kita.

Teknik napas dalam adalah salah satu kegiatan yang paling mudah dan memungkinkan untuk dilakukan dimanapun dan kapanpun. Teknik ini memanfaatkan koneksi otak di tubuh dan dapat menghasilkan manfaat fisik dan emosional, baik secara jangka panjang maupun jangka pendek dengan membangkitkan pengurangan stres secara fisik dan meningkatkan perhatian.

Ilustrasi stres

Photo :
  • Times of India

3. Minum air

Tubuh manusia sebagian besar disusun oleh air. Sekitar 60 persen dari komposisi tubuh manusia adalah air. Nah, ternyata otak memiliki komposisi air yang lebih tinggi dibandingkan tubuh secara keseluruhan, jumlahnya sekitar 73 persen. Itu sebabnya ketika cairan tubuh berkurang, fungsi otak akan mengalami gangguan untuk berpikir jernih sehingga mengganggu proses pengelolaan stres.

Kamu tentu sudah bisa menyimpulkan, minum air bisa membantu memenuhi kebutuhan cairan di otak. Kalau cairan di otak sudah tercukupi, kamu pun lebih mampu menghilangkan stres.

4. Kunyah permen karet

Dalam sebuah studi menemukan bahwa ada hubungan dari mengunyah permen karet dengan mengurangi stres serta meningkatkan kewaspadaan.

Penelitian yang dilakukan pada mahasiswa, mengunyah permen karet selama 2 minggu, bermanfaat untuk membantu menurunkan perasaan stres. Kemungkinan, hal ini bisa terjadi karena saat mengunyah, hormon kortisol pun menurun.

Mengunyah permen karet.

Photo :
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya