Tips Sukses dari Bos Bukalapak

Ilustrasi pengusaha alami hambatan.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Menjadi pengusaha tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Sebagian dari Anda mungkin tertarik untuk menekuni bidang usaha, dengan iming-iming kesuksesan yang berlimpah.

Mengintip Manfaat UU Cipta Kerja Dalam Mendukung Entrepreneurship

Namun terkadang, niat Anda untuk menjadi pengusaha sejati justru kalah saat menimang berbagai risiko yang berpotensi menghambat laju usaha Anda kelak. Tetapi, bukan berarti Anda tidak bisa menjadi pengusaha sukses di kemudian hari.

Founder and Chief Executive Officer Bukalapak.com, Ahmad Zaky menjabarkan empat hal penting yang harus dipegang teguh, jika Anda ingin menjadi pengusaha yang sukses di masa depan.

Sandiaga Uno: Jangan Takut dengan Risiko, Saya Juga dulu 'Zonk'

Pertama, berani mengambil risiko. Menurut Zaky, perkembangan bisnis akan bergerak stagnan, sehingga jangan hanya bermain di sekitar kenyamanan yang dimiliki saat ini. Perlu adanya langkah pro aktif ke depan.

"Generasi muda di era seperti ini, sayang jika menggunakan pilihan yang relatif aman. Harus mengambil risiko dulu untuk gagal," kata Zaky saat ditemui di Balai Sarbini Jakarta, Senin 16 Mei 2016.

Mimpi Ciputra Bantu Orang Terpinggirkan Jadi Wirausahawan

Kedua, kreatif dan inovasi. Zaky mengatakan, beda daripada yang lain merupakan nilai tambah yang mampu dijual, sehingga mampu menarik animo masyarakat yang tinggi.

"Pemimpin masa depan adalah pendobrak. Diharapkan generasi muda bisa membuka jalan yang menginspirasi generasi berikutnya," katanya.

Ketiga, tidak cepat puas atas capaian yang sudah dihasilkan. Sementara keempat, kerja keras diharapkan tidak kendur, justru semakin terpacu ke depan.

"Bagaimana mencari jalan yang baru, dan bekerja keras. Korea Selatan itu lebih miskin dari kita di tahun 1960. Tapi mereka cuma butuh satu generasi untuk mengubah itu," kata Zaky.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya