Komisi X Berharap Komposisi Perpusnas Diisi Anak Muda

Siswa manfaatkan perpustakaan keliling.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Anwar Sadat

VIVA.co.id – Wakil Ketua Komisi X DPR RI Fikri Faqih berharap agar komposisi pustakawan di Perpustakaan Nasional (Perpusnas) lebih banyak diisi oleh anak muda. Sebab, ia menilai, lembaga yang kurang keterlibatan anak muda memiliki kelemahan terhadap hal inovasi.

Yandri Susanto dari Fraksi PAN Jadi Ketua Komisi VIII

"Dilihat dari komposisi, pustakawan kita memang minim anak muda. Saya juga khawatir kalau lembaga seperti perpustakaan, minim diisi anak muda," ujarnya Rabu 25 Mei 2016.

Perlu diketahui, Komisi X DPR RI telah melakukan Rapat Kerja dengan jajaran pengelola Perpustakaan Nasional di Ruang Rapat Komisi X.

Sepakat Revisi UU MD3, Dua Fraksi Ini Beri Catatan

Salah satu dari hasil rapat tersebut memutuskan bahwa anggaran untuk Perpustakaan Nasional dalam RAPBN 2016 mendapatkan penghematan anggaran sebesar Rp88 miliar, yaitu dari anggaran sekitar Rp700 miliar menjadi Rp612 miliar.

Hal itu sesuai dengan Surat Menteri Keuangan Nomor S377/MK: 02/2016 tanggal 13 Mei 2016 tentang Penghematan/Pemotongan Anggaran Belanja Kementerian/Lembaga Tahun APBN 2016 di Lembaga Perpustakaan Nasional.

Mungkinkah RUU Perlindungan Data Pribadi Selesai dalam 4 Bulan?

Meskipun demikian, ia berharap penurunan anggaran tersebut tidak mengurangi kinerja Perpustakaan Nasional dalam menjaga minat baca masyarakat Indonesia dan berdampak pada rendahnya sumber daya manusia, khususnya para pustakawan.

Bahkan, ia menilai efisiensi anggaran tersebut seharusnya dapat lebih memacu Perpustakaan Nasional untuk lebih progresif menjadi sumber sains dan teknologi.

"Sebab, bangsa ini maju dan mundur adalah ditentukan oleh penguasaan sains dan teknologi masyarakatnya," katanya.  (Webtorial)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya