Pemerintah Harus Cairkan Hubungan Diplomatik dengan Malaysia

Ketua Komisi IX DPR Dede Yusuf
Sumber :
  • Nuvola Gloria/ VIVA

VIVA.co.id – Kasus yang menjerat Rita Kristiani menjadi sorotan oleh Komisi IX DPR RI.  Ketua Komisi IX DPR RI Dede Yusuf mendorong Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) melakukan diplomasi intens dengan Malaysia untuk membantu Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Ponorogo itu.

Sepakat Revisi UU MD3, Dua Fraksi Ini Beri Catatan

"Harus ada diplomasi day by day, minute by minute. Pemerintah, dalam hal ini Menlu, harus menjaga hubungan bilateral yang baik, tentu selain juga dibantu dengan pendampingan hukum," ujar Ketua Komisi IX DPR RI, Dede Yusuf di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat 3 Juni 2016.

Ia menilai, pemerintah juga harus melakukan evaluasi agar kejadian serupa yang masih kerap terjadi ini tidak menimbulkan korban lebih banyak lagi. Utamanya, kata Dede, soal pemberian informasi yang lengkap terkait tata aturan dan hukum saat bekerja di negara lain.

Mungkinkah RUU Perlindungan Data Pribadi Selesai dalam 4 Bulan?

"Sangat menyesalkan hal ini bisa terjadi dikarenakan yang bersangkutan mungkin kurang informasi bagaimana hukum di sana. Ke depannya, pemerintah harus lebih memperhatikan hal ini," jelas Dede.

Menurut mantan Wakil Gubernur Jawa Barat ini, hukuman mati itu bisa dicegah dengan mencairkan hubungan diplomatik dengan Malaysia.

RUU Permusikan, Belenggu Kebebasan Musisi?

"Negara bisa menjaga hubungan baik dengan negara lain, kita meminta kemurahan hati dari negara lain untuk mencegah hukuman mati tapi catatannya, kita juga harus menghormati warga negara lain di negara kita," ujar politisi Demokrat itu.   (webtorial)

Ketua Komisi VIII, Yandri Susanto.

Yandri Susanto dari Fraksi PAN Jadi Ketua Komisi VIII

Pada kesempatan sama Rachmat Gobel jug melantik pimpinan komisi V.

img_title
VIVA.co.id
30 Oktober 2019