RESEP: Pakora, Menu Takjil Favorit Masyarakat Pakistan

Ilustrasi pakora
Sumber :
  • Instagram @umm_ad4m

VIVA.co.id – Seperti di sejumlah negara lain, Ramadan di Pakistan dirayakan dengan rutinitas ibadah dan tradisi terkait dengan puasa. Para pria menjalankan ibadah tarawih sebanyak 20 rakaat di masjid terdekat. Sedangkan wanita umumnya melakukan ibadah salat di rumah.

RESEP: Segarnya Berbuka dengan Es Kepal Nutrisari

Jam kerja juga dikurangi agar masyarakat dapat menghabiskan waktu lebih banyak untuk beribadah, berkumpul dengan keluarga dan beristirahat sebelum melakukan tarawih.

Salah satu perayaan yang populer di Pakistan saat Ramadan adalah ketika menyambut momen anak melakukan puasa pertama mereka. Perayaan ini disebut dengan roza kushai. Biasanya keluarga mengadakan kumpul keluarga dan anak yang berpuasa untuk pertama kalinya dihadiahi pakaian baru.

RESEP: Buka Puasa Pakai Seblak, Why Not?

Selan itu, momen berbuka puasa juga tak kalah spesial. Gorengan menjadi hidangan yang wajib disajikan di momen satu ini. Namun, tentu saja gorengan Pakistan berbeda dengan di Indonesia. Sebut saja pakora, menu takjil yang bisa dibuat dari kentang, cabai, jagung hingga ayam yang dilumuri tepung dari kacang chickpea kering.

Pakora juga terkenal di beberapa negara lain, yakni India dan Bangladesh. Panganan ini juga sering disebut pakoda, pakodi atau ponako.

10 Resep Paling Dicari di Bulan Ramadan, No 1 Enggak Nyangka

Nah, kali ini VIVA.co.id akan berbagi resep membuat pakora ayam khas Pakistan yang bisa Anda praktikkan di rumah untuk menemani momen buka puasa bersama keluarga tersayang. Berikut ini resep lengkapnya, seperti dilansir dari Khaleej Times.

Pakora ayam

Bahan-bahan

-500 gram dada ayam fillet, potong dadu
-2 sdm minyak zaitun
-1 sdt jintan bubuk
-1 1/2 sdt garam
-2 buah cabai hijau, potong-potong
-1 buah bawang bombay, potong-potong
-1 sdt bawang putih dan jahe yang telah dihaluskan
-2 sdt cuka
-1 cangkir dadih susu
-1 sdt air perasan jeruk lemon
-Minyak sayur secukupnya untuk menggoreng

Adonan

-1/2 cangkir besan atau tepung dari kacang chickpea kering
-1/2 sdt garam
-1/2 sdt soda kue
-Air secukupnya

Cara membuat

1. Masukkan minyak zaitun, jintan, garam, cabai hijau, bawang bombay, bawang putih dan jahe, cuka, dadih susu dan air perasan jeruk lemon ke dalam blender, kemudian haluskan.

2. Lumuri potongan daging ayam dengan bumbu yang telah dihaluskan tadi. Simpan di dalam lemari es selama 40 menit.

3. Sementara itu campurkan besan, garam, soda kue dan air di dalam mangkuk. Aduk rata. Lumuri potongan ayam yang telah dikeluarkan dari lemari es, lalu goreng di dalam minyak panas hingga berubah warna menjadi coklat keemasan.

4. Sajikan pakora bersama chutney daun ketumbar dan daun mint atau saus tomat.

(ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya