Komisi IV Pantau Harga Kebutuhan Pokok di Karawang

Komisi IV Pantau Harga Kebutuhan Pokok di Karawang
Sumber :

VIVA.co.id – Fenomena kenaikan harga menjelang Ramadan dan Lebaran (Idul Fitri) adalah fenomena berulang yang seolah tak terhindarkan bagi rakyat Indonesia. Intinya sebenarnya bukan naik atau turunnya harga pangan, tetapi bagaimana di tingkat produsen, distributor dan konsumen memiliki tata kelola yang baik, sehingga menguntungkan bagi semua.

Warga Jatuh Bangun Berebut Sembako Bantuan dari Presiden Jokowi

"Fenomena ini sebenarnya wajar, dimana ada peningkatan permintaan, maka harga pun melonjak. Pola yang benar seharusnya, pada tingkat produsen (petani) bisa menikmati hasilnya, namun jangan sampai pada tingkat distributor mengambil untung terlalu besar, sehingga memberatkan konsumen" kata Ketua Tim Kunspek Komisi IV DPR Edhy Prabowo saat meninjau Pasar Johar di Karawang, Jawa Barat, Senin 20 Juni 2016.

Dalam pantauannya, lanjut Edhy, harga daging masih relatif normal diangka Rp110.000, jika dibandingkan dengan bulan Ramadan tahun lalu harganya Rp120.000.
 
"Tinggal kita lihat apakah nanti setelah mendekati lebaran harganya naik atau tidak. Harga ini tentunya masih diatas rata-rata, kita maunya yang lebih murah dibawah seratus ribu" ujar politisi F-Gerindra ini.

Ban Pecah, Pesawat Pembawa Sembako di Papua Tergelincir

Ia menambahkan, kebutuhan pangan seperti beras cenderung stabil karena permintaan pasar yang berkurang di bulan Ramadan. Selain itu,  harga telur merangkak naik, kalau holtikultura harganya turun daripada tahun yang lalu.

Dalam sidak pasar ini, tambah Edhy, Bupati Karawang juga mengajukan beberapa usulan, termasuk Rumah Pemotongan Hewan.Tentu hal ini menjadi penting, karena kita tidak bisa menyerahkan pemotongan hewan begitu saja kepada pihak yang belum terjamin.

Pembunuh Nenek Penjual Sembako Ditangkap, Ternyata Tetangganya

Edhy mengharapkan, Kota Karawang jangan cuma menjadi kota Industri saja, melainkan menjadi industri pertanian. Karena bahan pangan yang paling aman produksi sendiri.

"Seperti kita ketahui produk buah dari Cina, sudah terkontaminasi bahan-bahan pengawet, apakah kita akan serahkan masyarakat kita menkonsumsi produk-produk bahaya seperti itu. Maka saya menyarankan agar memperkuat basis pangan di Kota Karawang," katanya. (www.dpr.go.id)

Harga Daging di Pasar Tomang Barat Naik.

Awal Ramadhan, Harga Daging Tembus Rp160 Ribu Per Kg di Pasar Tomang

Harga daging naik setelah para pedagang menaikkan harga daging yang naik dari RPH yang juga alami kenaikan.

img_title
VIVA.co.id
3 April 2022