Susi Tenggelamkan 30 Kapal Ikan Asing Usai Lebaran

Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pusjiastuti menegaskan, setelah Lebaran sekitar 30 kapal ikan asing (KIA) akan ditenggelamkan. Kapal-kapal tersebut ditangkap diperairan Indonesia, setelah melakukan aksi ilegal pencurian ikan.

Lagi, WNI yang Jadi ABK di Kapal Berbendera China Meninggal Dunia

Adapun asal negara kapal yang ditangkap oleh pihak Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Susi enggan menjawab dan menyatakan akan dijelaskan saat keterangan pers berikutnya.

"Habis Lebaran nanti, kita akan tenggelamkan kurang lebih 30 kapal ikan asing. Untuk keterangan lebih lanjut, nanti kami adakan keterangan pers berikutnya," kata Susi di Jakarta, Selasa 21 Juni 2016.

Polisi Cokok Supervisor Kapal China Berisi Jasad ABK WNI dalam Freezer

Menurutnya, Susi beserta staf akan tetap tegas untuk menegakkan aturan larangan pencurian ikan yang dilakukan oleh asing.

Seperti diketahui, berdasarkan data yang dikeluarkan KKP, ada beberapa kapal ikan asing yang ditangkap di wilayah 771, di antaranya ditangkap oleh KKP sebanyak 56 KIA, ditangkap oleh TNI AL sebanyak enam KIA, dan ditangkap oleh Polri sebanyak lima KIA.

KBRI Seoul Angkat Bicara soal Mayat ABK WNI Dibuang dari Kapal China

Sehingga, total kesuluruhan kapal ikan asing yang ditangkap oleh berbagai pihak terkait (KKP, TNI AL, dan Polri) di Indonesia mencapai total 57 kapal ikan asing terhitung April 2016.

Selain itu, sebanyak 176 kapal ikan asing juga sudah ditenggelamkan sejak Satgas 115 berjalan. Sejak saat itu juga, pemerintah meyakinkan tidak pernah mengistimewakan kapal ikan asing yang berasal dari mana pun.

"Kita tidak memberi keistimewan buat kapal ikan asing, maupun dari negara Amerika sekali pun," kata Susi. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya