Lelah Saat Mudik, Nikmati Sunset di Pelabuhan Tanjung Perak

Sunset di Pelabuhan Tanjung Perak
Sumber :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal

VIVA.co.id – Terminal penumpang Gapura Surya Nusantara di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, Jawa Timur, kini terlihat megah dan modern. 

5 Tips Agar Rumah Aman Selama Ditinggal Mudik

Yang menarik, pengelola terminal menyediakan area bersantai di lantai paling atas gedung. Dari atap, penumpang kapal laut atau pemudik bisa menikmati suasana matahari terbenam atau sunset.

Area bersantai di Terminal Gapura Surya Nusantara itu bernama Surabaya North Que. Di atap gedung sekira dua kali lapangan bola itu berdiri bangunan berdinding kaca tempat stan-stan kuliner. Sementara, di sisinya area terbuka beralas rumput buatan terhampar.

Kemenhub: Ada 16 Titik Macet Jelang Lebaran

Beberapa kursi beratap payung ditata menghadap laut, laiknya di tempat wisata pantai. Kursi busa juga ada di situ. 

Saat Ramadan, area bersantai tersebut biasa disinggahi warga Surabaya untuk menanti waktu berbuka puasa atau ngabuburit.

Daftar Lengkap Kendaraan yang Terlibat Kecelakaan Mudik

Dari atap gedung terminal, pengunjung bisa menikmati suasana sibuk di Pelabuhan Tanjung Perak. Lalu lalang kapal terlihat jelas dan tampak menarik dipandang.

Pemandangan menakjubkan terpampang ketika matahari hendak membenamkan diri. Langit memerah. Sementara bulat matahari surup-surup mengintip dari balik awan yang menyelimuti ufuk barat. 

Saat itulah, VIVA.co.id menyaksikan banyak pengunjung yang berdiri di pinggir atap sambil bersandar di pagar pembatas. Mereka ingin menyaksikan detik-detik matahari terbenam. 

Kebanyakan dari pengunjung adalah remaja. Mereka ada yang berkelompok seperkawanan, ada pula yang muda-mudi berpasangan. 

Hanya beberapa pengunjung dewasa yang membawa semua anggota keluarganya untuk ngabuburit di Surabaya North Que tersebut. Mereka kebanyakan sibuk berselfie.

Salah satu pengunjung yang menikmati sunset di Surabaya North Que, ialah Rere (16 tahun), gadis yang tinggal di Surabaya Timur. 

Dia mengaku, berkunjung setelah tahu informasi panorama sunset di Pelabuhan Tanjung Perak dari sosial media. 

"Saya baru kali ini ke sini. Ternyata memang bagus, adem dan menarik," ucap Rere, ditemui VIVA.co.id, di Surabata North Que Terminal Gapura Surya Nusantara Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya, Sabtu petang, 2 Juli 2016.

Sayang, area bersantai itu hanya dinikmati oleh warga Surabaya, bukan penumpang atau pemudik yang menggunakan moda transportasi kapal laut. 

Saat KM Labobar dari Balikpapan merapat di Pelabuhan Tanjung Perak pada Sabtu sore, tidak ada satu pun pemudik yang sejenak bersantai di Surabaya North Que. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya