Kunto Aji Berbagi Tips Bernyanyi dengan Kaum Difabel

Kunto Aji
Sumber :
  • BIMO/ VIVA

VIVA.co.id – Keterbatasan yang dimiliki oleh kaum difabel tidak menghentikan dan membatasi mereka untuk berkarya. Hal ini terlihat dari antusiasme para difabel mengikuti Dinamika Art Workshop yang diadakan di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia Mall, Jakarta Pusat, pada Kamis 14 Juli 2016 yang dibawakan oleh Kunto Aji sebagai mentor.

Kunto Aji 'Semprot' Penjual Masker Harga Tinggi: Gedeg Bacanya

Dalam kesempatannya, Kunto Aji membagikan beberapa tips dalam bernyanyi. "Kalau aku pengen teman bisa bernyanyi dengan cara yang benar dan bikin kalian tidak capek, dan pusing. Ini juga gampang banget," jelasnya.

Agar tidak mudah lelah ketika menyanyi, Kunto Aji menyarankan untuk mengambil udara atau pernapasan menggunakan udara dari perut. "Kalau menyanyi tidak boleh mengambil udara dari dada, yang benar mengambil udara dari perut. Kalian harus merasakan mengambil suara bukan dari dada tapi dari perut. Jadi perutnya yang mengembang," katanya

Sadar Lingkungan, Kunto Aji Mulai Kurangi Penggunaan Plastik

Kunto Aji juga menambahkan bahwa dalam bernyanyi yang penting juga pernapasan. Ia pun mengajak salah satu (peserta) difabel untuk memperagakan teknik mengambil pernapasan melalui perut.

Untuk melatih pernapasan, salah satu cara yang penting adalah dengan olahraga. "Yang jelas semua jenis olahraga baik. Cuma untuk napas yang paling bagus adalah berenang, karena menggunakan pernapasan untuk menyelam timbul, kalau lebih jago berenang napasnya lebih bagus,” jelasnya.

Sempat Mengecoh, Kunto Aji Jadi Pembuka Konser Tulus di Senayan

Selain itu, untuk menyanyi, ia juga menambahkan untuk menjaga makanan dan minuman. Seperti halnya minum air dingin. Menurutnya mengkonsumsi air dingin bisa membuat pita suara menjadi kaku.

Sedangkan untuk mengatasi rasa nervous pada saat tampil, ditambahkannya harus banyak-banyak melakukan latihan. "Nervous itu hal yang bagus, tandanya itu serius. Yang harus dikawatirkan kalau tidak nervous sama sekali. Salah satu mengatasi nervous itu dengan latihan, karena latihan itu penting," tambahnya.

Lima musisi papan atas aransemen ulang lagu Zamrud Khatulistiwa.

Sambut Kemerdekaan, 5 Musisi Daur Ulang Lagu Zamrud Khatulistiwa

Lagu legendaris berjudul 'Zamrud Khatulistiwa' kembali dirilis dalam rangka menyambut hari Kemerdekaan RI yang ke-76.

img_title
VIVA.co.id
13 Agustus 2021