'Singapura Sudah Banyak Nikmati Uang Orang Indonesia'

Ilustrasi formulir pajak
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, menyebut upaya Pemerintah Singapura menjegal pelaksanaan program pengampunan pajak Pemerintah Indonesia sebagai hal yang wajar.

Singapura Siap Sambut Kembali Wisatawan! STB dan GDP Venture Perbarui Kemitraan

Singapura telah mendapat banyak keuntungan dari disimpannya banyak dana milik Warga Negara Indonesia (WNI) di bank di sana selama bertahun-tahun.

"Itu normal (penjegalan) di negara di mana banyak dana orang Indonesia," ujar Darmin di Kantor Kementerian Perekonomian, Jakarta, Minggu, 24 Juli 2016.

Deretan Negara yang Ternyata Penduduknya Paling Cepat Meninggal Dunia

Darmin mengatakan, Pemerintah Singapura menawarkan paket insentif yang menguntungkan WNI pemilik rekening agar mereka tetap menyimpan uangnya di sana.

Namun, menurut Darmin, upaya pemerintah Indonesia untuk menarik dana itu ke tanah air juga tidak kalah. Pemerintah antara lain menyiapkan instrumen investasi dan insentif yang diharapkan membuat pemilik dana lebih tertarik menyimpan uangnya di dalam negeri.

Prabowo Dapat Ucapan Selamat dari Menlu Singapura Atas Kemenangan di Pilpres 2024

Selain itu, Darmin mengatakan, mekanisme pengampunan pajak yang saat ini telah diatur undang-undang sebenarnya adalah bentuk insentif tersendiri.

"Insentif tax amnesty itu sendiri sudah cukup. Tetapi akan lebih baik ada juga instrumen penempatan lain seperti investasi langsung. Itu mempermudah (pelaksanaan pengembalian dana WNI ke dalam negeri)," ujar Darmin.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Wakil PM Singapura Lawrence Wong

Momen Prabowo Ditarik Wakil PM Singapura Lawrence Wong di Istana Bogor

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto ditarik oleh Wakil Perdana Menteri Singapura Lawrence Wong untuk foto bersama di Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat pada Senin 29

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024