Ragam Manfaat Kesehatan Berpelukan

Ilustrasi berpelukan
Sumber :
  • REUTERS/John Schults

VIVA.co.id - Berpelukan wajar terjadi entah itu saat bertemu dengan seseorang yang sudah lama tidak ditemui, menghibur kerabat yang sedang bersedih atau sekadar menunjukkan rasa kasih sayang.

Namun, tahukan Anda saat berpelukan terjadi sesuatu dalam tubuh yang tidak kita sadari. Nah, itulah mengapa berpelukan juga memberikan ragam manfaat keseharan. Berikut beberapa diantaranya dilansir dari laman Boldsky.

Relaksasi instan

Begini Cara Berikan Pelukan yang Berkualitas

Ketika memeluk seseorang, otak melepaskan hormon dopamin yang bisa menjadikan perasaan Anda lebih tenang dan membuat saraf Anda menjadi lebih rileks.

Mengurangi rasa sakit

Berpelukan bisa membantu tubuh untuk melepaskan endorfin dalam otak. Hormon tersebut berfungsi untuk mengurangi rasa sakit pada tubuh.

Mengatasi depresi

Manfaat Hidup Melajang Menurut Penelitian

Dengan berpelukan, tubuh akan melepaskan dopamin dari otak. Dopamin berfungsi untuk mengatasi depresi karena depresi sendiri diakibatkan oleh kekurangan dopamin.

Menyeimbangkan suasana hati

Berpelukan bisa membantu pelepasan hormon dan senyawa yang mengatur suasana hati seseorang.

Mengatasi Parkinson

Terlalu Ramah pada Orang Lain Bisa Bikin Hubungan Retak

Parkinson berkaitan dengan rendahnya kadar dopamin dalam otak. Memeluk pasien penderita Parkinson akan membantu mereka agar merasa lebih baik.

Meningkatkan sistem imun

Berpelukan dapat mengurangi hormon penyebab stres. Hormon ini tidak baik untuk perkembangan sistem imun. Oleh karena itu, berpelukan bisa membuat Anda tetap sehat.

Meningkatkan kesehatan jantung

Ketika Anda sedang berpelukan, tubuh menjadi lebih rileks dan detak jantung akan semakin teratur. Dapat dikatakan berpelukan bisa membuat jantung Anda dalam keadaan normal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya