Begini Cara Berikan Pelukan yang Berkualitas

Ilustrasi berpelukan.
Sumber :
  • Pixabay/Publikdomainpictures

VIVA – Berpelukan seringkali dianggap sebagai salah satu bentuk curahan kasih sayang yang diberikan seseorang, pada orang terdekat dan terkasih. Tak hanya itu, pelukan juga dianggap sebagai bagian dari sentuhan emosional yang mampu menenangkan di kala sedih.

Luar Biasa, Ternyata Hanya dengan Pelukan Tubuh Jadi Sehat

Tapi ternyata tidak semua pelukan memiliki efek yang sama. Perasaan, dan sifat interaksi ternyata juga menentukan kualitas pelukan.  

Sebuah studi baru telah mengamati pentingnya perasaan serta dari sisi mana Anda memeluk seseorang, dan tangan mana yang akan berada di atas selama pelukan tersebut.

Pelukan Lebih Manjur Bikin Rumah Tangga Bergairah Ketimbang Seks

Studi yang dilakukan di Ruhr-University Bochum menyatakan, bahwa pelukan menunjukkan cinta, sukacita, dan kenyamanan. Pelukan dapat terjadi baik dalam konteks positif maupun netral.

"Kami ingin tahu apakah perilaku terkait pelukan dipengaruhi oleh konteks emosional dari situasi yang ada," ungkap Julian Packheiser, sebagai peneliti utama dilansir laman Times of India.

Menjadi Pemeluk Profesional, Wanita Ini Raup Rp384 Juta Per Tahun

Para peneliti mempelajari lebih dari 2.500 pelukan untuk menentukan sifat pelukan positif dan penuh kasih sayang. Untuk mempelajari pelukan netral, mereka menganalisis sekitar 500 klip aktor yang menawarkan pelukan sambil menutup mata dengan orang asing di jalan.

Setelah melakukan penelitian menyeluruh, mereka memutuskan bahwa kebanyakan orang menunjukkan preferensi untuk pelukan dari sisi kanan. Selain itu, penelitian ini juga mengungkap bahwa pelukan dari sisi kiri dapat terjadi dalam situasi positif maupun negatif.

"Ini karena pengaruh belahan kanan, yang mengendalikan sisi kiri tubuh dan memproses emosi positif dan negatif".

Dia menambahkan, "Ketika orang memeluk, jaringan emosional dan motorik di otak berinteraksi dan menyebabkan arus yang lebih kuat ke kiri dalam konteks emosional," ujar Packheiser. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya