Cari Tahu Gairah Bisnis Anda

Geliat atribut kampanye pemilu
Sumber :
  • ANTARA/Yudhi Mahatma

VIVA.co.id - Hampir seluruh enterpreneur sukses memulai bisnis mereka dengan passion (gairah). Sehingga sekeras apapun mereka bekerja dan apapun hasilnya akan mereka syukuri dan lakoni dengan senang hati.

Mengintip Manfaat UU Cipta Kerja Dalam Mendukung Entrepreneurship

Namun, jika Anda berniat untuk memulai bisnis, tapi belum menemukan atau bingung apa passion Anda, bisa jadi niat tersebut tinggal menjadi niat yang tidak akan terwujud. Jangan menunggu passion Anda jatuh dari langit karena hal itu tidak akan terjadi. Lebih baik temukan passion Anda dengan langkah berikut:

Jika Anda sangat menguasai sesuatu, itu passion Anda

Sandiaga Uno: Jangan Takut dengan Risiko, Saya Juga dulu 'Zonk'

Jika Anda adalah seorang manajer marketing namun menyukai desain grafis, cobalah untuk mengembangkan keahlian desain Anda. Bisa jadi Anda akan lebih punya passion di bidang itu.

Tahukah Anda bahwa passion selalu dimulai dari rasa ketertarikan dan rasa tertarik tidak melulu ditemukan. Bisa jadi passion harus secara aktif dikembangkan dan diperdalam.

Mimpi Ciputra Bantu Orang Terpinggirkan Jadi Wirausahawan

Baca juga: Olahraga Ini Terbukti Ampuh Meningkatkan Kesehatan Jantung

Perhatikan pada hal-hal yang membuat Anda cemburu

Anda pernah cemburu melihat orang lain melakukan sesuatu atau ahli dalam suatu bidang? Coba lihat dan perhatikan lebih dekat lagi.

Bisa jadi kecemburuan Anda tersebut lahir karena Anda berharap dapat melakukan hal tersebut atau ahli di bidang itu. Atau dalam kata lain, itulah passion Anda sebenarnya.

Jangan pikirkan orang lain yang akan mencibir Anda, bila hal yang Anda cemburui jauh dari latar belakang pekerjaan atau pendidikan Anda. Sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengejarnya.

Ingat kembali masa kecil Anda

Apa yang paling Anda sukai saat kecil? Video games, berkebun atau merakit robot. Jangan-jangan, itulah passion Anda yang sebenarnya.

Namun, karena belum bisa memutuskan sendiri dan terpengaruh oleh lingkungan atau orang tua, Anda justru mengejar hal yang lain saat dewasa. Siapa tahu Anda bisa menjadi pengusaha video games, pemilik kebun sayuran atau pemilik bisnis lain.

Baca juga: Tangkal Penyakit Berbahaya yang Mengakibatkan Kematian

Lupakan uang dan merenunglah

Terkadang pikiran soal beban kebutuhan hidup membuat kita terus berada di zona aman. Akhirnya kita tidak berani memikirkan hal lain yang benar-benar diinginkan. Untuk menemukan passion Anda, coba lupakan sejenak kabut bernama uang tersebut.

Yang pertama kali terlintas dalam benak Anda ketika tidak memikirkan uang dan segala tetek bengeknya bisa jadi adalah passion Anda.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya