Manfaat Produksi Film Antarnegara

Diskusi acara Korea-Indonesia Cinema Global Networking
Sumber :
  • VIVA.co.id/Diza Liane
VIVA.co.id
#66, Film Laga Indonesia Berjaya di Luar Negeri
- Pelebaran industri film Indonesia terus dilakukan demi mengembangkan karya-karya kreatif anak bangsa. Untuk itu, produksi bersama antar negara dicanangkan mampu menghasilkan ragam manfaat yang baik untuk industri film Indonesia.

Empat Pedoman Penting untuk Layar Lebar Indonesia
Sheila Timothy, Ketua Umum Asosiasi Produser Film Indonesia (APROFI) memaparkan bahwa pelebaran dan perluasan industri film bisa melalui produksi bersama yang dilakukan Indonesia dengan negara lain. Kali ini, Korea Selatan memberikan kesempatan tersebut dengan peluang yang terbuka begitu lebar.

Sebentar Lagi Ada Kerja Sama Produksi Film Indonesia-Korea
"Dampak dari produksi bersama atau co-production ini tidak hanya membuka networking tapi juga kreativitas karya kedua negara, Indonesia dan Korea Selatan," ujarnya pada diskusi acara Korea-Indonesia Cinema Global Networking di kawasan Kuningan, Jakarta, Rabu 10 Agustus 2016.

Ia yakin, dengan produksi bersama ini, manfaat dari segi ekonomi bangsa dapat terlihat. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan ekonomi bangsa Indonesia.

"Produksinya kan tidak hanya film biasa tapi juga animasi dan VFX kedua negara. Jadi diharapkan bisa meningkatkan ekonomi bangsa," jelasnya.

Terlebih, harapan juga terletak pada perluasan pasar dari produksi film Indonesia yang nantinya bisa semakin berkembang. Sehingga, ia yakin kerjasama kedua negara ini akan menjadi awal yang baik untuk bangsa.

"Manfaatnya selain perluasan pasar dan knowledge, juga kick off yang baik untuk tingkatkan kapasitas film Indonesia," kata dia.

Acara ini berlangsung selama tiga hari, di mana akan dilakukan dalam tiga sesi yaitu seminar mengenai industri film Korea dan Indonesia, Presentasi perusahaan kedua negara dari masing-masing bidang produksi film, dan pengajuan proposal dari rumah produksi antar kedua negara untuk menjalani kerjasama kelak. 

Harapan untuk produksi film Indonesia sangat besar pada Korea Selatan karena ia menempati urutan ketujuh di dunia sebagai negara penyumbang 'box' di dunia.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya