Perluas Lahan Jagung, Kementan Siapkan Rp3 Triliun

Seorang warga merapikan tanaman jagung yang dirusak oleh gajah liar di Desa Bunin, Kecamatan Serba Jadi, Aceh Timur, Aceh, Jumat (5/8).
Sumber :
  • ANTARA/Syifa Yulinnas

VIVA.co.id – Kementerian Pertanian (Kementan) menggelontorkan anggaran lebih demi meningkatkan luas lahan tanam untuk jagung. Anggaran yang disiapkan pun tak tanggung-tangung yaitu Rp3 triliun untuk perluasan lahan tanam sekitar dua juta hektare. 

Atasi Harga Jagung Mahal, RI Buka Impor Gandum Pakan 300 Ribu Ton

Menteri Pertanian  Andi Amran Sulaiman saat menggelar rapat koordinasi pengembangan jagung dengan Gabungan Pengusaha Makanan Ternak (GPMT) hari ini, Senin 19 September 2016 melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan dinas pertanian kabupaten kota dan GPMT tentang kesepakatan penyerapan produksi jagung.

"Saya tunjukkan saya cinta pengusaha pakan ternak, kami siapkan anggaran Rp3 triliun untuk pakan peternak, kami janji, waktu di satu bulan lalu, dan Insya Allah kami sudah minta pak dirjen (tanaman pangan) ini untuk dua juta hektare," kata Amran di kantor Kementan.

Polemik Data Jagung Surplus Saat Harga Mahal, Ini Dia Masalahnya

Amran mengatakan, dengan adanya penambahan anggaran perluasan lahan tanam tersebut, pihaknya rela memotong perjalanan dinas keluar kota dan biaya peresmian-peresmian atau ceremony yang tidak perlu. 

Ia menjelaskan, bahwa biaya perjalanan dinas Kementan sebanyak Rp600 miliar akan dipotong demi perluasan tanam jagung. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan pemenuhan kebutuhan pakan ternak dan menekan impor jagung. 

Petani Porang di Jawa Timur Girang Disubsidi Pupuk

"Kami bekerja sebagai regulator, karena ingin pengusaha kuat, buktinya kami sudah janji salurkan anggaran untuk teman-teman yang selalu impor jagung.”

(mus)

Gudang jagung

Jagung Pemberian Kementan Buat Peternak Dikritik karena Ini

Diketahui, jagung dari Kementan tersebut memiliki kadar air 25-29 persen. Sementara standar kadar air jagung layak untuk pakan ayam hanya 15 persen.

img_title
VIVA.co.id
2 Oktober 2021